Home » , , » Tucuxi Dahlan Celaka Gara-gara Pompa Rem Dibongkar

Tucuxi Dahlan Celaka Gara-gara Pompa Rem Dibongkar

Tucuxi Dahlan Celaka Gara-gara Pompa Rem Dibongkar  



TEMPO.COYogyakarta - Perancang mobil listrik Tucuxi, Danet Suryatama, memberi komentar atas kecelakaan yang dialami Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan di Magetan, Sabtu 5 Januari 2013. 

Dalam pernyataan tertulis yang diterima Tempo, Danet mengatakan mobil tersebut nyelonong lantaran pompa vakum elektrik penggerak rem telah dibongkar. "Dari semua pembongkaran yang dilakukan tanpa seijin dan sepengetahuan kami selama ini, inilah yang paling kami khawatirkan," demikian pernyataan Danet, Ahad 6 Januari 2013.

Danet mengatakan pompa vakum elektrik itu sangat penting untuk menghasilkan daya rem bagi kendaraan secara handal. Pompa ini menghasilkan daya hisap pada booster rem. Jika alat ini diganti dengan produk lain yang tidak sekelas, daya rem akan hilang. Pimpinan rumah desain ElectrikCar ini menduga pembongkaran dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki kualifikasi teknis. 

Danet juga menegaskan tim ElectrikCar tidak bertanggung jawab atas kecelakaan yang menimpa Dahlan. Sebab, sejak tanggal 26 Desember 2012 mereka tidak memiliki akses untuk mendekati Tucuxi. Dia mengaku memiliki bukti-bukti dan foto yang menunjukkan komponen pompa rem yang telah dibongkar. "Kami tidak berada di tempat kejadian, akan tetapi dari observasi foto-foto sebelum dan setelah pembongkaran ternyata ada penggantian pompa vakum elektrik," katanya.

Tucuxi yang dikemudikan Dahlan Iskan menabrak tebing di lereng timur Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Magetan Jawa Timur. Sedan coupe bertenaga listrik itu tengah menjalani test drive dari Solo hingga Surabaya. Dahlan mengatakan Tucuxi tak bisa direm selepas melalap tanjajan terjal Tawang Mangu-Cemara Sewu. 

Lantaran mobil bertenaga badak itu nyelonong, Dahlan terpaksa menabrakkannya ke tebing demi menghindari kecelakaan yang lebih besar.Beruntung tak ada korban dalam insiden ini. Dahlan Iskan dan co-drivernya, perancang motor listrik Ricki Elson, selamat tanpa mengalami luka serius.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters