Home » » India Datang ke Australia Sejak 4.000 Tahun Lalu

India Datang ke Australia Sejak 4.000 Tahun Lalu


India Datang ke Australia Sejak 4.000 Tahun Lalu


15 Januari 2013 TEMPO.CO, Canberra - Ribuan tahun sebelum era kolonialisme, bangsa India sudah menginjakkan kaki di Benua Australia. Penelitian membuktikan, manusia dari subbenua India bermigrasi ke Australia dan berbaur dengan suku Aborigin sejak 4.000 tahun lalu.

Selama ini kebanyakan ilmuwan percaya nenek moyang Aborigin modern hidup terisolasi dari populasi lain sampai bangsa Eropa muncul pada akhir abad ke-18.

Namun, analisis genetika yang dilakukan tim peneliti dari Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology di Leipzig, Jerman, menemukan fakta berbeda. Dalam penelitian genetika atas 300 orang Aborigin, India, Papua Nugini, dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya, mereka menemukan "aliran gen yang signifikan" dari India ke Australia 141 generasi lalu, atau sekitar 4.230 tahun lalu.

Penelitian yang dipimpin Irina Pugach ini menyatakan, kedatangan mereka dimulai pada zaman Holocene, bertepatan dengan banyaknya perubahan dalam catatan arkeologi Australia. "Terdapat perubahan dengan cepat dalam teknologi peralatan dari batu dan fosil dingo muncul untuk pertama kalinya," kata Pugach. "Ada kemungkinan perubahan itu terkait dengan migrasi ini."

Para peneliti menyatakan keturunan India mungkin tak datang langsung, melainkan populasi mereka yang sudah lebih dulu ada di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Studi juga menemukan asal mula yang sama antara Aborigin Australia, pupulasi Papua Nugini, dan Mamanwa, kelompok Negrito dari Filipina. Para peneliti memperkirakan kelompok ini memisahkan diri satu sama lain sekitar 36 ribu tahun yang lalu.

Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters