Home » , , » Sebelum Kecelakaan, Tucuxi Dahlan Bau Menyengat

Sebelum Kecelakaan, Tucuxi Dahlan Bau Menyengat



Tucuxi Dahlan Bisa Dipakai Meski Tanpa Izin

TEMPO.CO, Magetan-- Sejumlah orang menyaksikan detik-detik sebelum kecelakaan mobil listrik Tucuxi yang dikendarai Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan di Jalan Raya Solo-Magetan, Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Sabtu, 5 Januari 2013.

Salah satu saksi mata yang juga anggota rombongan, Agung Pamujo, mengaku mencium bau menyengat yang diduga dari mobil Tucuxi yang dikendarai Dahlan. "Kami rombongan yang di belakang mencium bau menyengat, kami sempat bingung ini bau dari mobil yang mana," kata Agung ditemui di Pondok Sabilil 

Muttaqin (PSM) Kecamatan Takeran, Magetan, Sabtu malam. (Lihat foto-foto mobil Tucuxi milik Dahlan).
Agung waktu itu berada di urutan mobil keempat atau paling belakang. Menurutnya, sekitar sepuluh menit sebelum kecelakaan, Dahlan sempat menghentikan mobilnya diikuti empat mobil di belakangnya. "Lalu ada yang mendekat dan ternyata bau menyengat itu dari mobil yang dikendarai pak Dahlan," ucapnya.

Diduga bau menyengat itu berasal dari panasnya gesekan kampas rem. Ini diperkuat dengan pengakuan Dahlan waktu itu. "Pak Dahlan mengaku terlalu banyak mengerem," kata Agung. Medan yang dilalui waktu itu memang tanjakan dan turunan di wilayah lereng Gunung Lawu.

Jalan Raya Solo-Magetan di sepanjang Kelurahan/Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, yang berbatasan dengan Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, merupakan wilayah lereng Gunung Lawu. Jalan setempat menanjak dan menurun serta di beberapa titik terdapat belokan tajam.

Setelah berhenti selama sekitar sepuluh menit, Dahlan kembali melanjutkan perjalanan. "Tak sampai satu kilometer, mobil tampak oleng dan menabrak tebing serta tiang listrik di pinggir jalan," ucap Agung.

Meski perlu penelitian dan pemeriksaan, Agung menduga kecelakaan terjadi akibat rem blong. Rombongan Dahlan sebenarnya dikawal patroli pengawal (patwal) kepolisian. Sebelum mobil Tucuxi yang dikendarai Dahlan kecelakaan, di depan dari arah berlawanan, melaju mobil lain. "Pak Dahlan sengaja menabrakkan mobilnya ke tebing untuk menghindari mobil yang ada di depannya," tutur Agung. Dahlan juga membeberkan kronologi kecelakaan akibat rem blong tersebut.

Dahlan mengendarai Tuxuci dari Solo dan dijadwalkan tiba di kampung halamannya, Magetan, sore hari. Namun nahas, mobil yang dikendarainya kecelakaan di tengah jalan. Usai kecelakaan, Dahlan tetap melanjutkan perjalanan menuju PSM Takeran dan malam harinya mengikuti kegiatan salawat bersama. Simak berita Dahlan Iskan dan proyek mobil listriknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters