Home » » Apa virus komputer ?

Apa virus komputer ?

Itu adalah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pemakai komputer. Dan  jawabannya cukup banyak dan bervariasi. Definisi virus komputer:  

Virus komputer adalah program yang memiliki kemampuan untuk berkembang  biak menulari program lain, dan menjadikan file-file yang ditularinya sebagai file infector. Sebagai file infector, file yang tercemar virus tersebut pada  akhirnya akan menjalankan virus setiap kali program aslinya dijalankan. 

virus komputer adalah program yang bisa mereplikasi dirinya sendiri dengan jalan menumpangi program lain. Proses penumpangan ini bernama “infeksi” dengan tujuan menyebarkan dirinya ke seluruh sistem komputer, lokal dan internet”. Kemampuan replikasi dengan sendirinya inilah yang membuatnya disebut virus karena memang mirip dengan virus pada dunia nyata. Virus mereplikasi diri untuk melestarikan jenisnya sehingga dapat terus survive dan menghancurkan organisme lain. Inilah definisi untuk virus komputer.  Pada dasarnya, virus komputer dibedakan menjadi dua jenis. Jenis pertama digunakan untuk keperluan penelitian dan tidak dipublikasikan.  Jenis kedua adalah virus yang biasa kita kenal, dinamakan virus in the wild. Jenis ini adalah virus yang diciptakan dengan tujuan bersifat menghancurkan.


Virus komputer, merupakan salah satu script code yang dapat mendatangkan kerugian  bagi pihak yang perangkat teknologinya dijangkiti oleh virus ini. Sebagaimana virus dalam  dunia kesehatan, virus ini pun seolah-olah mempunyai pengembangan biologis dengan cara  meng-copy sendiri file yang dapat memperlambat kinerja komputer dalam memproses data  atau informasi didalamnya, sehingga menimbulkan  crash pada komputer tersebut dan  beresiko kehilangan data yang telah dan sedang diproses.




Namun, secara kasar dapat dikatakan: 

Virus komputer adalah suatu program yang dapat menggandakan dirinya  melalui berbagai cara dalam suatu sistem komputer secara diam-diam tanpa  dikehendaki dan melakukan gangguan pada sistem komputer. 

Jika dilihat secara lebih detail, sebenarnya ada berbagai jenis virus komputer.   Bergantung dari “sudut mana” ia dipandang.   

Kebanyakan pemakai komputer menyebut program yang dapat membawa  masalah ke dalam sistem komputer adalah virus. Tanpa membedakan, apakah ia  malware, trojan, virus, worm, spyware dan lain-lain. Yang penting, bikin  komputer rewel maka itu virus!  

Sumber : 
  • http://restava.files.wordpress.com/2009/08/apa-itu-virus-komputer.pdf
  • http://dosen.narotama.ac.id/wp-content/uploads/2011/12/Anda-Bertanya-Dukun-Virus-Menjawab-Kitab-Pertama.pdf



0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters