Home » » Bagaimana virus Komputer menyebar?

Bagaimana virus Komputer menyebar?


1. Perangkat Lunak Bajakan 
Pada perangkat lunak bajakan, tidak menutup kemungkinan bahwa file program  asli telah diubah. Misalnya diinjeksi  atau diinfeksi dengan serangkaian kode  program yang berbahaya. Untuk itu disarankan untuk selalu memakai program asli.   

2. Situs www di Internet
Banyak situs di internet yang secara sengaja memasangkan program-program  berbasis Java yang sifatnya nakal  sehingga tidak menutup kemungkinan didownload-nya program virus ke komputer pemakai.


3. File-File Network dan Lingkungan Network
Dalam lingkungan kerja, jaringan kita tentu dapat berbagi dan mengakses file  milik teman. Jika kebetulan teman Anda iseng memasangkan file virus, ada  kemungkinan akan Anda ambil dan jalankan.  

4. Download File
Titik satu ini merupakan titik rawan penyebaran virus. Oleh karena itu, jangan  asal main download dari internet ya?  Kita harus yakin dengan file yang kita unduh dari internet, sebelum kita benar-benar ingin menjalankannya. Siapa tahu  file tersebut bermasalah mengandung virus.

5. File Tambahan pada Email
File tambahan yang disertakan pada email (attachment) juga dapat dicurigai  sebagai titik berkembangbiaknya virus.  Jadi, hati-hati saat menerima file  tambahan pada email dari orang yang tidak kita kenal dengan baik. Bahkan dari  orang yang kita kenal dengan baik pun, kita harus tetap waspada. Mengapa?   Karena ada virus yang kadang meminjam nama teman kita untuk mengelabui
kita.  

6. Pertukaran Disk
Pertukaran disk antarteman. Pinjam meminjam CD atau flashdisk juga amat  berpotensi mendukung merebaknya virus komputer.

7. Lab Komputer/WARNET
Oleh karena pemakainya begitu banyak dan beragam keinginan dan kemampuannya maka lokasi ini merupakan lahan subur bagi berkembangbiaknya virus.


0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters