Home » , » Peran Bulan Untuk Bumi

Peran Bulan Untuk Bumi





BULAN adalah satu-satunya satelit alami bumi  dan merupakan yang terbesar ke-5 di Tata Surya.  Bulan tidak mempunyai sumber cahaya sendiri  dan cahaya Bulan sebenarnya berasal dari  pantulan cahaya Matahari.

Fungsi bulan terhadap bumi sangat besar.  antara lain menjadi alat menghitung kalender.  Tapi yang terpenting adalah gravitasi bulan  berpengaruh terhadap air yang berada di bumi.  Selain itu, secara tidak langsung bulan  melindungi planet induk dari hantaman benda  langit seperti komet dan asteroid. Namun  tergantung juga seberapa besar massa dan ukuran  satelit. Semakin besar, maka semakin besar  perlindungan yang diberikan.

Satelit alami itu juga dapat mengontrol  kecepatan rotasi suatu planet karena efek  gravitational tidal wave. Namun efek ini tidak  begitu memberikan suatu keuntungan atau  kekurangan. dalam sejarah bumi, efek ini memberikan  keuntungan kepada bumi, karena menurut  simulasi dan perhitungan fisika, bulan  melambatkan kecepatan rotasi bumi sejak  terbentuknya bulan dimana bumi berotasi secara  cepat sekali (bumi juga melambatkan kecepatan  rotasi bulan). 

Maka itu setiap hari rotasi bumi semakin  lambat dan bulan - seperti yang kita lihat  - rotasinya sudah berhenti menjadi sama  dengan periode revolusinya. Fungsi lainnya menyeimbangkan  perputaran siklus dari air laut di mana  pada posisi bulan searah tangensial  dengan bumi maka arus yang terjadi bisa  mengakibatkan pasang air laut. Fungsi  yang lain yakni supaya arah meteor  yang akan langsung ke bumi sedikit di  blok melalui gravitasi bulan serta gaya  magnetik bulan.

Bila bumi tidak mempunyai  bulan maka secara otomatis kita akan  merasakan efek dari ultraviolet matahari  secara langsung serta mungkin semakin  seringnya bumi dihantam meteor. Tanpa bulan, kehidupan akan  dipenuhi migrasi dan sikulis siang-malam  akan lebih pendek. Juga akan muncul  pasang besar. Selain itu, gelombang  besar tersebut juga akan membantu  “membangkitkan sup primordial,” papar  profesor fisika Neil Comins di university of  Maine.

Gravitasi bulan membantu  memperlambat rotasi bumi dari sehari  enam jam lebih awal menjadi 24 jam. Tak  hanya itu, juga membantu menstabilkan  kemiringan sumbu bumi serta  menenangkan musim. Bentuk-bentuk kehidupan di bumi tanpa bulan akan memiliki  pola aktivitas yang berbeda karena siang dan  malam yang pendek.

Makhluk-makhluk yang tinggal di Bumi pun  harus lebih sering bermigrasi untuk mengatasi  perubahan iklim yang ekstrem.  Jarak bumi dan bulan dari pusat ke pusat  adalah 384.403 km atau sekitar 30 kali diameter  bumi. diameter bulan adalah 3.474 km, sedikit  lebih kecil dari seperempat diameter Bumi.  Ini berarti volume bulan hanya sekitar dua  persen volume bumi dan tarikan gravitasi di  permukaannya sekitar 17 persen daripada tarikan  gravitasi Bumi.

Bulan beredar mengelilingi bumi sekali setiap  27,3 hari (periode orbit) dan variasi periodik  dalam sistem bumi bulan matahari bertanggung  jawab atas terjadinya fase-fase bulan yang  berulang setiap 29,5 hari (periode sinodik). Bulan yang ditarik oleh gaya gravitasi bumi  tidak jatuh ke bumi disebabkan gaya sentrifugal  yang timbul dari orbit bulan mengelilingi bumi.

Besarnya gaya sentrifugal bulan adalah sedikit  lebih besar dari gaya tarik menarik antara gravitasi
bumi dan bulan. hal ini menyebabkan bulan  semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan  sekitar 3,8 cm/tahun

4 komentar:

  1. Besarnya gaya sentrifugal bulan adalah sedikit lebih besar dari gaya tarik menarik antara gravitasi
    bumi dan bulan. hal ini menyebabkan bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan sekitar 3,8 cm/tahun

    Pertanyaannya : darimana para ilmuan bisa tau jaraknya jika hanya beberapa centi, dan apa alat bantu untuk mengukurnya?

    BalasHapus
  2. aku mudeng.. tp pnasaran pngin tau.. ksi tau donkkk

    BalasHapus
  3. Wow.. Gak sia sia buka linknya.. Thanks a lot of... I'm so like this ink... Anytime i will visit it again

    BalasHapus
  4. Terimakasih kak artikelnya sukses terus kenalkan nama saya Fifi juliyanti (1822500178)
    https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Flag Country

free counters