Home » » Sejarah Penemuan teleskop

Sejarah Penemuan teleskop


Sebelum ditemukan teleskop, Tycho Brahe dan para astronom yang hidup sebelum Tycho Brahe mengamati bintang menggunakan mata telanjang. Artinya, mereka tidak memiliki alat bantu yang  membuat benda yang mereka amati lebih jelas.


Pada tahun 1609, Galileo mendengar berita  bahwa di Belanda telah ditemukan teleskop. Berkat kejeniusannya, Galileo akhirnya membuat sendiri  teleskopnya. Teleskop pertama yang ia buat memiliki  perbesaran 3 kali. Artinya, kita dapat melihat 3 kali  lebih besar daripada melihat menggunakan mata  telanjang. Tidak lama setelah itu, Galileo mampu  membuat teleskop dengan perbesaran 32 kali.  Satu  tahun setelah menemukan teleskop, Galileo  menghasilkan temuan-temuan yang luar biasa. Dia  mengamati Bulan. Dia sadar bahwa permukaan Bulan  tidak rata, tetapi penuh kawah dan gunung-gunung.  Galileo lalu mengamati Galaksi Bima Sakti dan  mengetahui bahwa di  dalamnya terdapat  banyak bintang.    Pada tanggal 7 Januari 1610, Galileo  menjadi orang yang pertama kali  mengetahui bahwa Jupiter memiliki satelit  alami yang berputar mengelilinginya. Karena penemuannya, ide Copernicus tentang Heliosentris mendapat  dukungan. Dukungan itu didasarkan adanya  satelit alami yang mengelilingi Jupiter. 

Sejak saat itu, perkembangan teleskop  telah semakin pesat. Teleskop-teleskop  menjadi semakin canggih sehingga benda-benda dan kejadian-kejadian di luar  angkasa jelas terlihat.




Kita mengenal tiga jenis teleskop, yakni teleskop pembias (teleskop refraksi), teleskop pemantul (teleskop refleksi), dan teleskop Katadioptik (Teleskop  gabungan) pengumpul untuk mengumpulkan cahaya. Bayangan yang dihasilkan diperbesar oleh  lensa mata. Jenis inilah yang dibuat oleh Galileo.


Teleskop pemantul  menggunakan cermin cekung  untuk mengumpulkan dan  memusatkan cahaya. Cermin  tambahan kecil lalu  memantulkan cahaya yang  terkumpul menuju lensa mata.  Teleskop Katadioptik merupakan teleskop yang menggunakan gabungan lensa  dan cermin. Jenis teleskop yang paling sering digunakan adalah teleskop maksutov  dan schmidt



0 komentar:

Poskan Komentar

Flag Country

free counters