Home » , » Dua Bulan Baru di Temukan Di Planet Jupiter

Dua Bulan Baru di Temukan Di Planet Jupiter




WASHINGTON-Penemuan astronom di amerika adalah kemunculan dua bulan baru yang mengorbit planet Jupiter. dua bulan baru Jupiter itu disebut S/2011 J1 dan  S/2011 J2. 



Kedua  bulan tersebut diidentifikasi menggunakan  Magellan Baade Telescope di  Las Campanas Observatory,  Chile, pada 27 September  2011 lalu. dengan penemuan  tersebut, jumlah bulan di  planet terbesar tata Surya itu menjadi 66 buah. dua bulan yang ditemukan  merupakan anggota dari objek  terkecil di Tata Surya. diameter  kedua bulan baru Jupiter itu  hanya sekitar 1 km. Tak seperti  empat bulan besar Jupiter lain  yang mudah dilihat dengan  teleskop sederhana, kedua  bulan ini tampak amat redup  sehingga sulit diamati. 

Jarak kedua bulan dengan  Jupiter amat jauh sehingga  butuh waktu 580 hari dan 726  hari bagi kedua bulan untuk  mengelilingi Jupiter. “Bulan-bulan ini adalah  bagian dari kawanan objek retrograde terluar di  sekeliling Jupiter,” kata ilmuwan dari  department  of Terrestrial Magnetism di  Carnegie Institute for Science,  Washington, Scott Sheppard  seperti dikutip dari National  Geographic.

Retrograde adalah bulan  atau satelit yang mengorbit  berlawanan dengan arah rotasi planet. S/2011 J1 dan  S/2011 J2 adalah dua dari 52  bulan Jupiter yang termasuk  retrograde. Sheppard mengatakan  bahwa Jupiter kemungkinan  memiliki lebih banyak satelit  lagi. di antara banyak satelit, banyak yang merupakan  bulan-bulan mini layaknya  S/2011 J1 dan S/2011 J2.

Ilmuwan mengungkapkan,  S/2011 J1 dan S/2011 J2 termasuk dalam jenis bulan  ireguler, mengorbit planet 
pada jarak jauh serta memiliki  orbit eksentrik dan cenderung  miring. Karena karakteristik  orbit itu, kedua bulan itu diperkirakan adalah sebuah komet atau asteroid yang di masa  lalu “tertangkap” oleh gaya  gravitasi Jupiter, kemudian  berubah status menjadi bulan. “Karena bulan-bulan ireguler ini tertangkap pada masamasa awal Tata Surya, mereka  bisa memberi petunjuk bagaimana planet terbentuk dan  proses evolusinya,” ungkap  Sheppard.

Jupiter memiliki empat  satelit besar dan terkenal,  yakni Io, Ganymede,  europa  dan Callisto. Biasanya, bulan Jupiter diberi nama berdasarkan nama dewa Romawi  dan Yunani. Publik mungkin  mendambakan nama yang  lebih familiar pada dua bulan  baru yang baru saja ditemukan.  Tapi, nama itu baru akan  diberikan setelah observasi terhadap bulan baru dilakukan  setidaknya selama satu tahun. Penemuan dua bulan baru Jupiter ini diumumkan  di Central Bureau for  astronomical Telegrams, International astronomical union,  minggu lalu


Sumber : http://fajar.co.id/pdf/zoom/pages/7.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters