Home » » Komposisi Atmosfer Bumi

Komposisi Atmosfer Bumi



Komposisi udara bersih sangat bervariasi untuk setiap daerah di permukaan bumi  Rata-rata persentase (per volume) gas dalam udara bersih dan kering yaitu  nitrogen   sebanyak 78%, oksigen sebanyak 20,8%, argon sebanyak 0,9% dan gas lainnya  sebanyak 0,3%.

Komposisi gas lainnya yang sebanyak 0,3% ini terdiri dari gas permanen dan gas  yang tidak permanen. Gas permanen adalah gas yang selalu ditemukan pada setiap  kondisi dan ketinggian sedangkan gas yang tidak permanen keberadaannya sangat  dipengaruhi oleh kondisi dan ketinggian. Adapun gas yang keberadaannya tetap (gas permanen) yaitu helium, neon, krypton, xenon, hydrogen, dan metana. Gas yang tidak  permanen misalnya karbondioksida, ozon, amoniak, uap air, karbonmonoksida,  sulfurdioksida. Daerah gurun (udara kering) mengandung kadar uap air yang lebih  kecil dari daerah tropis.  Daerah hutan tropis (udara basah ) kandungan uap airnya  adalah sebesar 0,018 %. (Muhammadiyah, M, 2010)

Tabel 2.1  menunjukkan komposisi gas di atmosfer pada ketinggian permukaan  laut (ketinggian 0 km).



Gaya gravitasi bumi menahan agar molekul udara di lapisan atmosfer tidak terlepas ke angkasa luar. Untuk dapat melepaskan diri dari pengaruh atmosfer bumi,  molekul udara tersebut harus bergerak berlawanan dengan arah gaya gravitasi bumi  dengan kecepatan yang cukup besar. Kecepatan molekul udara untuk dapat lolos dari pengaruh gravitasi bumi adalah sebesar 1,169 x 10 4 meter/detik sedangkan bulan  hanya sebesar 0,25 x 10 4 meter /detik.  (Konrad, Beiser, 1960)

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters