Home » » Apa Komet itu ?

Apa Komet itu ?


Komet adalah benda planet berupa bongkah es dan debu, yang meluncur  sangat cepat melintasi tata surya. Orbit komet mengitari matahari berbentuk  elips pipih,tidak seperti orbit planet yang hamper berupa lingkaran. 

Bagian-bagian sebuah komet 

Bagian-bagian komet adalah inti, koma, awan hydrogen dan ekor. Ketika  komer masih jauh dari matahari dan dilihat pertama  kali di langit, bagian yang  tampak adalah inti. Inti ini merupakan bagian padat yang menyerupai bintang yang  sangat kecil. Daerah kabut di sekeliling inti adalah koma. Inti dan koma  membentuk kepala komet.





Komet mempunyai arti “si rambut panjang”. Di Indonesia, komet dikenal dengan sebutan bintang berekor, bintang sapu, atau bintang kemukus, karena sesuai dengan penampakannya. Komet mengedari matahari dengan lintasan peredaran bentuk elips yang pipih. Bagian-bagian sebuah komet adalah inti, koma, awan hidrogen dan ekor. Kita dapat melihat ekor komet, karena gas-gas dan debu yang diangkut oleh komet memantulkan cahaya matahari, dan sebagian gas-gas, debu menyerap sinarultraviolet dan mengeluarkannya dalam bentuk cahaya tampak. Dengan demikian ekor komet adalah gas bercahaya yang terbentuk ketika komet lewat di dekat matahari.

Komet tampak paling terang dengan ekor paling panjang ketika berada di titik terdekat (titik perihelium) dari matahari. Setelah mencapai perihelium, kometbergerak menjauhi matahari. Dalam perjalanannya di ruang angkasa, komet kehilangan sebagian massanya sehingga ekornya semakin pendek dan memudar secara perlahan, akhirnya komet kehilangan sebagian massanya dan menghilang di angkasa (langit) sebagai bongkahan batuan komet. Tetapi bongkah batuan terus berlanjut mengitari matahari. Jadi, ekor komet berubah-ubah panjangnya sesuai dengan jaraknya dari matahari. Salah satu komet yang berukuran besar dan terkenal adalah komet Halley.

Komet ini mengelilingi matahari 76 tahun sekali dan terakhir tampak dari bumi pada tahun 1986. Edmund Halley adalah orang pertama yang membuktikan bahwa komet beredar mengelilingi matahari seperti planet-planet dengan lintasan berupa elips yang sangat pipih.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters