Home » » dasar untuk mempelajari Tata Surya ada enam hal yang dijadikan syarat batas

dasar untuk mempelajari Tata Surya ada enam hal yang dijadikan syarat batas


1.Tata Surya  terdiri dari objek-objek benda langit yang  bergerak pada bidang  orbit yang dikontrol oleh gravitasi Matahari. Objek ini mengalami tekanan  radiasi atau ber interaksi dengan (angin Matahari) solar wind.  

2. Hal pertama yang perlu kita ketahui adalah massa total objek di dalam Tata  Surya menunjukkan fraksi kurang dari 0,0015 massa Matahari  dan yang  kedua adalah kebanyakan dari anggota Tata Surya mengorbit  dekat dengan  bidang ekuator Matahari. 

3. Planet merupakan objek yang massive di dalam Tata Surya, memiliki orbit  yang hampir lingkaran, mengitari Matahari, dan berada pada rentang jarak  heliosentrik  antara 0,4 – 40 AU. Diameternya berkisar antara ribuan kilometer  sampai lebih dari 100000 km.  

4. Di antara lintasan Mars dan Jupiter, terdapat benda-benda kecil yang dikenal  sebagai Asteroid atau planet minor. Asteroid  mengorbit mengitari Matahari  dan berdiameter dari beberapa meter  sampai dengan beberapa ratus kilometer. 

5. Komet, objek yang lebih kecil dengan radius sekitar beberapa kilometer dan  bergerak dalam orbit elip memiliki inklinasi tinggi  terhadap bidang orbit  Bumi, disebut juga bidang ekliptika. Objek lainnya adalah satelit, yang  mengorbit mengitari  planet.  

6. Medium antar planet (interplanetary medium), dalam Tata Surya terdiri dari  butiran-butiran debu dan  plasma. Plasma terdiri dari electron dan ion, yang  sebagian besar berada didalam korona Matahari.  

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters