Home » » Milky Way dan Andromeda

Milky Way dan Andromeda


Milky Way adalah galaksi yang merupakan rumah bagi matahari kita dan planet-planetnya atau  yang sering disebut solar system. Galaksi memiliki diameter 100 ribu tahun cahaya. Satu tahun  cahaya adalah ukuran jarak yang sama dengan jarak yang ditempuh oleh sinar yang bergerak  dengan kecepatan 300 ribu km per jam dalam waktu satu tahun. Jika seluruh massa bintang  yang ada di Milky Way dijumlahkan, massa Milky Way sendiri akan sama dengan 750 biliun,  satu triliun kali massa matahari.  

Dengan menggunakan gelombang radio, penyelidikan astronomi terhadap distribusi awan  hidrogen di luar angkasa menguakkan informasi bahwa galaksi Milky Way ini berbentuk spiral.  Karena itu, massanya sebagian besar berada di pusaran galaksi itu sendiri. Untuk mudahnya,  bentuk galaksi ini bisa dibayangkan seperti kue cucur yang dijual di pasar tradisional di  Indonesia.  

Sementara itu, galaksi Andromeda adalah galaksi terbesar yang paling dekat dengan galaksi  Milky Way. Andromeda pertama tercatat sebagai "awan kecil" oleh ahli astronomi Persia yang  bernama Abd-al-Rahman Al-Sufi di sekitar tahun 905. Kemudian, ahli astronomi  berkebangsaan Bavaria, yaitu Simon Marius, menemukan galaksi ini dan mencatat  penemuannya pada 1612. Tanpa mengetahui penemuan Al-Sufi dan Marius, keberadaan  Andromeda kemudian dikonfirmasikan oleh bebepapa ahli astronomi dunia pada tahun-tahun  berikutnya.  

Galaksi Andromeda dikategorikan sebagai galaksi raksasa karena memiliki diameter sekitar  200 ribu tahun cahaya atau dua kali lebih besar daripada galaksi Milky Way. Andromeda  memiliki massa 300 sampai 400 biliun kali massa matahari. Bentuknya yang bulat khas dan  ukurannya yang besar membuat galaksi ini mudah teramati walaupun dalam kondisi langit yang  cukup moderat dan dengan menggunakan teleskop sederhana.  

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters