Home » , » Revolusi Bumi

Revolusi Bumi




Kamu telah memahami rotasi Bumi di angkasa. Selain berotasi, Bumi ternyata juga bergerak mengelilingi matahari. Laksana seorang atlet yang berlari menurut suatu lintasan tertentu, begitu pula Bumi mengitari matahari pada garis edar yang teratur. Garis edar ini disebut orbit. Gerakan Bumi mengelilingi matahari disebut revolusi Bumi Satu tahun di Bumi adalah waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk mengelilingi matahari pada orbitnya, satu kali putaran, yaitu selama 365 1/4 hari. Waktu untuk berevolusi ini disebut juga kala revolusi.


Bayangkan seekor anjing terus bergerak mengitari seseorang. Orang itu sedang berlari pada lintasan tertentu
mengelilingi lapangan. Seperti itulah gambaran sederhana bagaimana bulanmengitari Bumi dan secara bersama-sama Bumi dan Bulan mengelilingi Matahari . Anjing menggambarkan bulan, orang menggambarkan
Bumi, dan lintasan itu menggambarkan orbit Bumi mengelilingi Matahari. Bulan bergerak mengitari Bumi sekali putaran dalam waktu 29,5 hari. Secara bersamaan bulan juga berotasi dalam waktu yang sama, yakni sekali putaran kira-kira 29,5 hari. Karena waktu revolusi bulan sama dengan waktu rotasinya, maka permukaan bulan yang menghadap Bumi selalu sama. Dikusikan dengan teman-temanmu, bagaimana memperagakan gerak rotasi dan revolusi bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters