Home » , » Satelit alam-satelit alam Planet Neptunus

Satelit alam-satelit alam Planet Neptunus


Neptunus memiliki 13 satelit alam. Menggunakan teleskop, kita dapat melihat  dua satelit alam yang mengelilingi Neptunus, yaitu Nereid dan Triton. Enam satelit  alam lainnya ditemukan oleh Voyager 2 saat melakukan kunjungan ke planet itu.  Triton merupakan satelit alam terbesar  yang dimiliki oleh Neptunus. Lassell  menemukan triton beberapa minggu setelah penemuan Neptunus. 


Triton mempunyai  ukuran sedikit lebih besar dari Satelit  alam. Arah gerak Triton mengelilingi  Neptunus adalah dari timur ke barat, berlawanan dengan arah rotasi Neptunus.  Oleh karena itu gerak Triton disebut  gerak mundur. Orbit Triton condong 40° terhadap orbit Neptunus. 

Voyager 2 menemukan bahwa Triton mempunyai atmosfer, terutama tersusun  oleh nitrogen dan mengandung sedikit metana. Suhu permukaan Triton mencapai  −235 °C.




Nereid ditemukan oleh Kuipe, yang juga merupakan penemu  satelit alam Miranda. Ukurannya jauh lebih kecil daripada  Triton. Nereid bergerak mengelilingi Neptunus dari barat ke  timur dan condong sekitar 5° terhadap  ekliptika.




Proteus merupakan satelit alam  yang sangat gelap dan bentuknya tidak  beraturan. Proteus mempunyai diameter  418 km (436 x 416 x 402). Dari ukurannya, diketahui bahwa  Proteus merupakan satelit alam terbesar kedua yang  mengelilingi Neptunus.




Seperti Proteus, Larissa mempunyai bentuk yang tidak  teratur. Diameternya 193 km (208 x 178). Naiad,  Thalassa, Despina, dan Galatea juga mempunyai bnetuk yang tidak teratur.  Masih ada lima satelit alam Neptunus yang tidak disebutkan dalam tabel di atas.  Empat satelit alam ditemukan pada tahun 2002 dan satu satelit alam ditemukan  pada tahun 2003. Kelima satelit alam ini belum memliki nama.



0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters