Home » » Perputaran Bulan

Perputaran Bulan


Bulan mengalami tiga gerakan sekaligus yaitu berotasi pada porosnya, berevolusi  mengelilingi bumi, bersama bumi mengelilingi matahari. Selain itu dalam skala  besar bulan juga mengikuti matahari mengelilingi pusat galaksi bima sakti.


Bidang edar bulan mengelilingi bumi bersudut 5° terhadap ekliptika. Periode rotasi  bulan  sama dengan periode revolusi bulan terhadap bumi. Periode revolusi bumi   terhadap matahari sama dengan dua belas kali periode revolusi bulan terhadap  bumi. Periode revolusi bulan 29,5 hari. Tahun berdasar periode revolusi bulan  selama 12 kali disebut tahun bulan atau tahun Komariah atau tahun Hijriah.  Jadi tahun Hijriah berumur 354 hari. Seperti tahun matahari (tahun Masehi), pada  tahun Hijriah juga terdapat tahun kabisat. Tahun Hijriah yang mengalami tahun  kabisat berumur 355 hari. Penambahan 1 hari pada tahun tersebut ditempatkan  pada bulan terakhir yaitu bulan Zulhijah.   Perbedaan tahun matahari (Masehi) dan tahun bulan (Hijriah) adalah sebagai  berikut : 


Tahun kabisat pada tahun matahari adalah  tahun yang habis dibagi angka 4.  Tahun kabisat pada tahun Hijriah ialah tahun yang angka tahunnya jika dibagi 30 sisanya 2, 3, 7, 10, 13, 15, 18, 21, 24, 26, dan 29. 




0 komentar:

Poskan Komentar

Flag Country

free counters