Home » » Cara Pengelompokan Planet

Cara Pengelompokan Planet


Ada tiga cara pengelompokan planet-planet:  

Pertama, planet-planet di kelompokkan dengan Bumi sebagai pembatas,  yaitu planet inferior dan planet superior. Planet inferior adalah planet-planet yang  orbitnya terletak di dalam orbit Bumi mengitari Matahari. Yang termasuk planet  inferior hanya dua planet yaitu planet Merkurius dan Venus. Planet Superior  adalah planet-planet yang orbitnya terletak di luar orbit Bumi mengitari matahari.  Yang termasuk planet superior adalah Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto. 

Kedua, planet-planet dikelompokkan berdasarkan letak garis edarnya,  planet-planet di golongkan atas dua bagian, yaitu planet dalam dan planet luar.  Planet dalam adalah planet-planet yang lintasan edarnya berada di antara Matahari  dan Bumi. Yang termasuk planet dalam adalah Merkurius dan Venus. Planet luar adalah planet-planet yang lintasan edarnya berada diluar peredaran Bumi. Yang  termasuk planet luar adalah Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. 

Ketiga, planet-planet dikelompokkan berdasarkan ukuran dan komposisi  bahan penyusunnya, yaitu planet terrestrial dan planet Jovian. Planet terrestrial  adalah planet-planet yang ukuran dan komposisi penyusunnya (batuan) mirip  dengan Bumi. Yang termasuk planet terrestrial adalah Merkurius, Venus, Bumi  dan Mars. Planet Jovian atau planet raksasa adalah planet-planet yang berukuran  besar dan komposisi penyusunnya mirip Yupiter , yaitu terdiri dari sebagian besar  es dan gas hidrogen. Yang termasuk planet Jovian adalah Yupiter, Saturnus,  Uranus, dan Pluto. 

Namun berdasarkan peraturan baru tentang pengertian planet pada bulan  Agustus 2006, maka pluto tidak lagi dimasukkan ke dalam golongan planet. Hal  ini, disebabkan orbit pluto bersinggungan dengan orbit Neptunus. Jadi tata surya  kini hanya memiliki delapan planet yang mengelilingi matahari

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters