Home » , , » Satelit Alam Planet Uranus

Satelit Alam Planet Uranus





Sebelum Voyager sampai di Uranus, kita telah mengetahui bahwa Uranus memiliki 5  satelit alam. Tetapi kita tidak mengetahui banyak tentang satelit alam-satelit alam  itu karena jarak planet yang sangat jauh dari Matahari. 


Setelah Voyager sampai di Uranus,  kita mendapatkan banyak kejutan.  Voyager menunjukkan pada kita bahwa planet raksasa ini memiliki lebih dari 11  satelit alam. Data yang tercatat, Uranus paling tidak memiliki 21 satelit alam.




Dua  satelit alam terbesar adalah Titania dan Oberon, yang ditemukan oleh William  Herschel pada tahun 1787.  Dua satelit alam lainnya, Ariel dan Umbriel, ditemukan oleh William Lassell. Pada  tahun 1984, Gerard Kuiper menemukan Miranda.






Miranda mempunyai permukaan yang berbeda dengan satelit alamsatelit alam Uranus lainnya.  Permukaan Miranda memiliki  jurang-jurang besar dengan  kedalaman 12 kali lebih dalam  daripada Grand Canyon – Amerika Serikat–, lapisan yang  berpetak-petak, dan  permukaannya nampak sangat tua.




Ariel merupakan satelit alam paling terang dan permukaannya paling muda dibandingkan satelit alam-satelit alam  Uranus yang lain. Ariel memiliki beberapa kawah besar.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters