Home » , » Matahari sebagai bintang

Matahari sebagai bintang





Benda yang memancarkan cahaya sendiri selain matahari adalah bintang-bintang dan benda langit yang disebut nebula terang. Semua benda bercahaya itu terdiri dari gas yang sangat panas dengan temperatur lebih dari 2000K. Bintang yang sangat panas ada yang bertemperatur di atas 50.000 K. Matahari lebih panas dari bintang yang paling dingin. Gas yang terdapat pada bintang-bintang kebanyakan seperti yang terdapat di matahari dan keadaanyatergantung pada temperatur masing-masing.

Hampir semua bintang mempunuyai bentuk bulat seperti bola. Matahari juga mempunyai bentuk yang sama, sehingga dapat dikatakan bahwa matahari adalah sebuah bintang atau salah satu dari banyak bintang di langit. Matahari terlihat sebagai bintang paling besar karena matahari adalah bintang yang paling dekat dengan bumi. Bintang lain kelihatan lebih kecil karena letaknya sangat jauh dari bumi. Jarak rata-rata matahari dari bumi adalah 150.000.000 kilometer. Jarak rata-rata itu dikenal sebagai satu satuan astronomi
atau biasa di tulis 1 s.a. Spektrum Matahari

Bila spektrum matahari dilihat dengan lensa pembesar akan tampak garis-garis gelap yang jumlahnya banyak sekali. Garis-garis gelap terjadi karena di atas lapisan fotosfer matahari terdapat bermacam-macam unsur kimia yangmenyerap energi cahaya yang dipancarkannya. Satu garis gelap menunjukkan adanya satu macam unsur kimia.

Berdasarkan spektrum cahaya yang dipancarkan matahari dan melalui penelitian, diketahui bahwa matahari terdiri dari, unsur kimia hidrogen, yaitu76,4 %, helium sekitar 21,8 % dan sisanya sekitar 1.8 % terdiri dari
oksigen, karbon, neon, besi, nitrogen, silikon, magnesium, sulfur, nikel, dan beberapa unsur mikro lainnya. Semua unsur itu berwujud gas karena suhu di matahari sangat panas. Suhu rata-rata permukaan matahari adalah 5.700 K dan warna cahaya matahari adalah hijau dan kuning.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters