Home » » Kenapa Langit di Bumi Siang Hari Berwarna Biru ?

Kenapa Langit di Bumi Siang Hari Berwarna Biru ?




Pada dasarnya langit tidak berwarna , namun karena efek dari  matahari maka langit pun  berubah menjadi kebiruan. Matahari  memancarkan gelombang cahaya dengan frekuensi tertentu. Bagian dari frekuensi  tersebut merupakan frekuensi cahaya tampak yang dapat ditangkap oleh mata manusia,  Jika spektrum cahaya matahari yang mengenai mata kita masih  terdiri atas seluruh  spektrum cahaya tampak, matahari akan terlihat putih dan spektrum cahaya tampak ini  akan menyinari atmosfer bumi.

Hal  pertama yang perlu diketahui bahwa matahari adalah sumber cahaya yang sangat  terang, dan jauh lebih terang daripada bulan dan bintang. Hal kedua yang perlu dipahami  adalah bahwa atmosfer bumi terdiri atas gas-gas yang mengandung bermacam-macam partikel dan unsur. Dua unsur pertama yang terkandung dalam atmosfer bumi adalah Nitrogen (NO2) dan Oksigen (O2). Dua atom pada atmosfer ini berpengaruh pada cahaya  matahari yang melewatinya.

Ada gejala (fenomena) fisika yang disebut “penyebaran” (Rayleigh) yang menyebabkan  sinar matahari ketika melewati partikel2 yang berdiamaeter 1/10 dari panjang gelombang (warna) dari sinar matahari. Sinar matahari terdiri atas bermacam-macam warna cahaya yang berbeda, tetapi karena unsur2 yang ada di atmosfer (terutama NO2 dan O2), maka  atmosfer bumi dengan mudah menghamburkan spektrum warna biru, ungu, dan nila yang  mempunyai frekuensi tinggi, tetapi warna biru-lah yang paling banyak menyebar, ditambah  lagi mata manusia lebih sensitif terhadap warna biru daripada warna nila dan ungu.

Jadi, ketika melihat ke langit pada siang hari yang cerah, kita melihat matahari sebagai  piringan cahaya. Warna biru yang kita lihat di langit adalah seluruh atom2 yang ada di  atmosfer yang menyebarkan cahaya biru ke arah kita.

Sementara itu, hanya ada sedikit cahaya tampak dari matahari dengan frekuensi lebih  rendah yang dihamburkan oleh atmosfer bumi. Cahaya dengan warna kuning, merah dan  jingga memiliki frekuensi yang lebih rendah dibanding dengan warna yang lainnya. Warna  tersebut akan menembus atmosfer bumi dan terlihat oleh mata kita. Tetapi, intensitas  ketiga warna tersebut tidak sama dan warna kuning lebih mendominasi sehingga matahari terlihat berwarna kuning sampai dengan siang hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters