Home » » Pengelompokkan Planet

Pengelompokkan Planet


Planet-planet dalam Tata Surya dapat dikelompokkan dengan kriteria tertentu.  

• Berdasarkan sifat fisika dan kimianya. 

Planet dikelompokkan menjadi planet  Terestrial (yang berarti seperti  Bumi) dan planet Jovian (yang berarti seperti Jupiter).  Planet terestrial  adalah planet-planet keras mengandung bebatuan seperti Bumi.  Planetplanet yang termasuk planet terestrial adalah Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.   Sedangkan planet jovian adalah planet-planet yang berbentuk  gas seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. 

• Berdasarkan kedudukan orbitnya terhadap kedudukan orbit Bumi. 

Berdasarkan kedudukan orbit planet terhadap kedudukan orbit Bumi,  planet dikelompokkan menjadi planet  inferior dan planet  superior.   Planet inferior adalah planet-planet yang kedudukan orbitnya antara Matahari dan orbit Bumi.  Jarak planet-planet tersebut ke Matahari lebih  kecil di banding jarak Bumi ke Matahari.  Planet-planet yang termasuk  planet inferior adalah Merkurius dan Venus.  Sedangkan planet superior  adalah planet-planet yang jaraknya ke Matahari lebih besar dari jarak 

Bumi ke Matahari.  Planet-planet yang termasuk planet superior adalah  Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.  Planet-planet superior dapat terlihat melintas di atas kepala pengamat di  malam hari menggunakan teleskop atau dengan mata telanjang.   Sementara planet-planet inferior tidak akan pernah melintas di atas  kepala pengamat.   

• Berdasarkan kedudukan orbitnya terhadap kedudukan orbit asteroid. 

Berdasarkan kedudukan orbit planet terhadap kedudukan orbit asteroid,  planet dikelompokkan menjadi planet dalam (inner planet) dan planet  luar (outter planet).  Planet-planet yang termasuk planet dalam adalah 
Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.  Sedangkan planet-planet yang  termasuk planet luar adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters