Home » , » Jenis - Jenis Satelit

Jenis - Jenis Satelit


Insinyur sudah mengembangkan berbagai macam satelit yang dirancang sesuai misi yang   diminta. Sebagai contoh telekomunikasi dan industri penyiaran menggunakan satelit  komunikasi untuk membawa radio, televisi, dan pulsa telepon interlokal tanpa kebutuhan  akan kabel atau penyiaran ulang gelombang mikro. Satelit pelayaran menunjukkan  dengan tepat penempatan objek di atas bumi, satelit cuaca meramalkan cuaca.Satelit  pengawasan untuk memonitor aktivitas militer. Satelit ilmiah untuk pengamatan atas  Bumi, planet lain , matahari, bintang berekor/komet, galaksi, dan  sebagainya. 

Berikut Penjelasan Tentang Jenis-Jenis Satelit :

Satelit Komunikasi 

Pada awal pembuatan satelit digunakan sebagai peralatan komunikasi. Contoh satelit televisi dan telepon yang pertama, Telstar 1 tahun 1962, kemudian Syncom 3 tahun 1964 adalah satelit komunikasi pertama yang menggunakan  GSO.Lebih dari 300 satelit  komunikasi telah diluncurkan sejak 1957. Kini satelit dalam orbit geostasioner  menyediakan suara, data, dan komunikasi televisi, termasuk siaran televisi yang langsung
ke rumah di seluruh bumi.



Satelit Ilmu pelayaran 

Satelit ilmu pelayaran dapat membantu menempatkan posisi kapal, pesawat terbang, dan bahkan mobil yang dilengkapi dengan radio penerima  khusus. Satelit ilmu pelayaran  mengirimkan isyarat radio berlanjut ke Bumi. Beberapa sistem satelit ilmu pelayaran  menggunakan isyarat dari beberapa satelit untuk menyediakan informasi penempatan  lebih tepat lagi .



Satelit Cuaca

Satelit cuaca membawa kamera dan instrumen lain menunjuk ke arah atmosfer bumi.  Untuk memantau cuaca. Contoh, oleh NASA telah diluncurkan satelit cuaca yang  pertama, Satelit Pengamatan Televisi Inframerah ( TIROS) 1, tahun 1960. TIROS 1  memancarkan hampir 23.000 foto Bumi dan atmosfer. Meteosat 3, satelit cuaca Eropa.  


Satelit Militer 

Satelit militer hanya mengirimkan data sandi yang hanya penerima khusus dapat  menerjemahkan. Kamera pada satelit militer pada umumnya mempunyai suatu resolusi  lebih tinggi. Contoh satelit Program Pendukung Pertahanan ( DSP) penggunaannya  dimaksudkan untuk memberi peringatan awal peluncuran proyektil/rudal. DSP telah  digunakan sepanjang perang Teluk tahun 1991 oleh Amerika Serikat untuk  memperingatkan  peluncuran rudal Scud Irak.  Beberapa Satelit Militer juga menyediakan data cuaca maupun pelayaran bagi masyarakat.  



Satelit Ilmiah 

Satelit ilmiah pengorbit Bumi dapat menyediakan data untuk memetakan Bumi,  menentukan ukuran dan bentuk Bumi, mempelajari dinamika samudra dan atmospir.  Ilmuwan juga menggunakan satelit untuk mengamati matahari, Bulan, planet lain dan  satelitnya, komet, bintang, dan galaksi.  

Contoh satelit teropong bintang ruang angkasa Hubble adalah observatorium  yang  diluncurkan tahun 1990. Beberapa satelit ilmiah tidak hanya mengorbit Bumi, misalnya  roket penyelidik Ulysses mengorbit di sekitar matahari, mempelajari kutub matahari dan  garis lintang matahari. Galileo wahana angkasa telah mengedari planet Jupiter sejak 1995,  mengirimkan data tentang planet Jupiter dan satelit-satelitnya. 








0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters