Home » » Mengukur Ketebalan Lapisan Gas Galaksi

Mengukur Ketebalan Lapisan Gas Galaksi



Mengukur distribusi gas dalam arah tegak lurus  piringan Galaksi memiliki 3 persoalan pengamatan: Piringan dalam, daerah lokal matahari, dan piringan terluar. Seperti biasa, persoalan krusial adalah mengetahui jarak setiap gas yang diamati. 

Daerah lokal matahari diamati melalui observasi  absorpsi Lyman alpha dalam daerah ultraviolet,  dikonsentrasikan pada bintang pada lintang Galaktik tinggi dan pada jarak yang berbeda-beda dalam  bidang Galaksi. Perbandingan antara kekuatan garis Lyα dengan intensitas total garis 21 cm pada arah  tersebut akan menunjukkan fraksi Hidrogen pada  z yang lebih rendah dari bintang teramati. Hasil  pengamatan menunjukkan bahwa setengah bagian dari seluruh Hidrogen dapat diaproksimasi oleh distribusi Gaussian dengan σz =135pc dan setengah bagian lagi dengan fungsi eksponensial dengan skala  tinggi 500pc. 

Pengamatan piringan dalam dilakukan dengan metode garis singgung. Pada arah pandang tertentu kecepatan terbesar akan diberikan oleh hidrogen yang paling dekat dengan pusat galaksi. Dengan cara  ini dapat ditentukan pula distribusi vertikalnya. Dengan metode ini ditemukan bahwa setengah dari  jumlah total atom Hidrogen di bagian dalam Galaksi terletak dalam jarak 150 pc dari pusat galaksi.  Bahkan dapat pula terkandung lebih dari setengah jumlah total Hidrogen karena pengerumunan  kecepatan pada garis singgung dapat membuat kita keliru dalam memperkirakan jarak. Di luar 3 kpc  dari pusat, terdapat komponen tambahan, seperti dalam daerah lokal matahari, dengan skala tinggi 400 pc. Namun dalam 3 kpc dari pusat komponen ini menghilang dan gas di dekat bidang Galaksi juga lebih  terkonsentrasi. 

Untuk bagian terluar galaksi, kita harus menggantungkan diri pada jarak kinematik masing-masing  objek. Pengamatan region ini menunjukkan bahwa skala tinggi dari gas meningkat linear hingga lebih  dari 1 kiloparsec pada bagian terjauh pengamatan, yaitu kurang lebih 3 kali jarak matahari ke Pusat  Galaksi. Tidak ada detail tentang distribusi  z, kecuali catatan bahwa fungsi distribusinya di antara  Gaussian dan eksponensial

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters