Home » , » Sejarah Penemuan Planet Uranus

Sejarah Penemuan Planet Uranus





Uranus ditemukan oleh Herschel. Pada tanggal 13 Maret 1781 Herchel  melakukan pengamatan bintang-bintang dalam rasi bintang Gemini. Saat itu  Herschel menemukan sebuah bintang berbentuk cakram. Herschel menemukan  kejanggalan karena semua bintang, kecuali Matahari, hanya tampak sebagai titiktitik cahaya meskipun diamati dengan teleskop yang paling kuat. 

Selama beberapa malam Herschel melakukan pengamatan terhadap bintang  itu dan mendapatinya sebagai bintang bergerak. Herschel menyimpulkan benda itu  sebagai komet. 


Para ahli astronomi melanjutkan pengamatan Herschel terhadap benda yang  diduga komet itu. Dari hasil pengamatan, mereka menemukan benda itu bergerak  mengikuti orbit yang hampir bulat. Seiring dengan perjalanan waktu, akhirnya  mereka mengetahui bahwa benda itu adalah sebuah planet dan menobatkan  Herschel sebagai penemunya. 

Herschel memberi nama planet itu Georgium Sidus (Bintang George), sesuai  dengan nama raja yang berkuasa pada waktu itu –George III–. Johann Elert Bode,  ahli astronomi Jerman, menamai planet itu Uranus karena planet-planet dinamai  dengan nama dewa-dewa kuno

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters