Home » » Pengertian Gerhana bulan

Pengertian Gerhana bulan


Bulan dan bumi merupakan benda gelap, karena tidak mempunyai cahaya sendiri. Apabila benda gelap dikenai cahaya akan terbentuk bayang-bayang. Oleh karena  itu, jika bumi dan bulan dikenai sinar matahari akan terbentuk bayangan. Ada dua  macam bayang-bayang yang dibentuk bumi dan bulan, yaitu bayang-bayang inti  dan bayang-bayang kabur. 


  1. Bayang-bayang inti (umbra), yaitu daerah gelap yang dilalui bayangan inti  bumi. 
  2. Bayang-bayang kabur (penumbra), yaitu daerah agak terang yang dilalui bayangan inti bumi. 


Apabila bulan pada kedudukan 1 atau umbra, maka cahaya pantulan bulan tidak  tampak sama sekali (gelap total). Keadaan seperti ini disebut gerhana total.  Apabila bulan pada kedudukan 2 atau perpanjangan umbra, maka cahaya pantulan  bulan tampak seperti cincin. Keadaan demikian disebut gerhana cincin.  Apabila bulan pada kedudukan 3 atau penumbra, maka  pantulan cahaya bulan  terlihat sebagian atau kabur. Keadaan seperti ini disebut gerhana kabur.


Gerhana bulan terjadi jika bulan berada di dalam bayang-bayang bumi. Gerhana  bulan terjadi jika matahari, bumi, dan bulan terletak pada satu garis.  Gerhana matahari terjadi jika bayang-bayang bulan sampai ke bumi, Terjadi jika  matahari, bulan, dan bumi terletak pada satu garis.

Seandainya bidang edar bulan berimpit dengan ekliptika, maka dapat dipastikan  tiap bulan terjadi gerhana matahari dan tiap bulan purnama terjadi gerhana bulan.  Akan tetapi hal tersebut tidak terjadi karena bidang edar bulan membentuk sudut  5° dengan ekliptika. 


Pasang surut air laut terjadi karena pengaruh gaya gravitasi matahari dan bulan. Di  suatu tempat pada siang hari, pasang terjadi karena pengaruh gaya gravitasi  matahari. Pada malam hari, pasang terjadi karena pengaruh gaya gravitasi bulan.  Pasang terbesar terjadi pada saat bulan purnama, dan disebut pasang purnama.  Pasang terbesar juga dapat terjadi pada saat terjadi gerhana matahari, sebab  dipengaruhi oleh gravitasi bulan dan matahari pada arah yang sama.



0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters