Home » » Atmosfer Planet Mars

Atmosfer Planet Mars



Saat ini, sebagian besar atmosfer Mars tersusun atas karbondioksida yang  mencapai lebih dari 95 persen seluruh atmoster. Gas lain yang menyusun antara lain  2,7 persen Nitrogen, 2,7 persen Argon, dan 0,13 persen Oksigen. Tekanan udara di  planet Mars bervariasi antara 7 sampai 11 milibar di belahan Mars bagian utara dan selatan saat karbondioksida membeku dan membentuk tudung es saat musim dingin.  Saat musim semi, tudung es itu mulai menguap. Coba bandingkan dengan tekanan  atmosfer di permukaan Bumi yang besarnya kira-kira 1.000 milibar.

Meskipun demikian, atmosfer Mars  cukup tebal untuk menghasilkan angin  yang kuat dan kumpulan badai debu yang dapat menyelimuti seluruh planet selama  beberapa satelit alam. Seperti di Venus dan Bumi, di atmosfer planet Mars juga  terjadi efek rumah kaca. Namun, efek rumah  kaca  di  planet  Mars  hanya  dapat  menaikkan suhu di permukaan sampai 5 derajat celcius.  

Terdapat beberapa bukti yang  menunjukkan bahwa atmosfer Mars  menghasilkan air meskipun tidak banyak.  Air tersebut membentuk ngarai kecil,  sungai, garis pantai. Bukti-bukti tersebut menandakan bahwa di planet Mars pernah  ada sungai yang besar. Karena jumlah air yang sedikit, atmosfer Mars tidak banyak  menghasilkan awan. Tidak seperti Bumi yang di seluruh hampir di seluruh  permukaannya ditemukan awan. Awan hanya  ditemukan di daerah ekuator. Hal ini  terjadi mungkin karena hanya di ekuator dapat ditemukan air.





0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters