Home » , » Dahlan Iskan Akan Tanam Sorgum di Atambua

Dahlan Iskan Akan Tanam Sorgum di Atambua


Dahlan Iskan Akan Tanam Sorgum di Atambua


TEMPO.COM, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan akan membuat Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di Atambua, Nusa Tenggra Timur. Program utamanya adalah menanam tanaman sorgum di atas tanah seluas 1.500 hektare milik petani.

"Untuk membangun ini, kita akan bantu dana Rp 10 miliar hingga Rp 20 miliar," kata Dahlan di Kementerian BUMN, Kamis 3 Januari 2013. Sebelumnya, Dahlan pernah berencana menanam 15 ribu hektar sorgum. Berdasarkan riset, sorgum bisa mensubstitusi impor gandum.

Dana itu menurut dia akan berasal dari kementerian yang bersumber dari dana PKBL. "Nanti juga akan dibuat pabrik pengolah sorgumnya," katanya.

Langkah ini menurut dia merupakan salah satu program untuk mengentaskan kemiskinan di NTT. 

"Selain pengolahan tepung, nantinya pabrik itu juga bisa memproduksi makanan ternak dari batang sorgum. Makanan ternak ini bisa menggemukkan sapi dalam waktu cepat," katanya. 

Diwawancarai terpisah, Deputi Menteri BUMN Bidang Industri Primer Muhammad Zamkhani mengatakan program ini masih digodok di Kementerian. Ia belum bisa memastikan berapa ton sorgum yang dapat dihasilkan dari program tersebut. "Karena tanahnya milik masyarakat jadi mesti sosialisasi lebih lanjut. Target memang 1.500 hektare, tapi nanti dilihat realisasinya berapa yang bersedia," ujarnya.

Ia mengatakan masih mempertimbangkan PTPN XII atau PT BUMN Hijau Lestari yang akan menggarap proyek itu. Sorgum merupakan tanaman biji-bijian yang cocok ditanam di daerah beriklim panas dan kering. Di Indonesia sorgum dikenal dengan nama Cantel. Sorgum bisa jadi pengganti gandum untuk bahan pokok.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters