Home » » Target-Target Penyerangan Virus

Target-Target Penyerangan Virus


Program
Beberapa virus mampu untuk menginfeksi program komputer. Jika Anda  menjalankan program yang sudah terinfeksi virus tadi, maka kode virus secara otomatis juga akan dijalankan pertama kali. Virus-virus jenis ini   muncul pada saat awal-awal munculnya virus di dunia komputer dan  sampai sekarang masih merupakan ancaman yang serius apalagi dengan  perkembangan internet yang mampu untuk mendistribusikan program 
dengan cepat ke seluruh dunia

Dokumen
Word processing atau spreadsheet, seperti MS Word atau MS Excel,  seringkali menggunakan macro untuk mengotomatisasi suatu pekerjaan.  Beberapa virus memanfaatkan fasilitas macro ini untuk menyebarkan
dirinya sendiri ke dokumen yang lainnya. Jika Anda menjalankan  dokumen yang mengandung virus macro ini, maka dia akan meng-copy  dirinya ke startup program yang membuka dokumen tersebut dan akhirnya bisa menulari dokumen lainnya yang masih bersih dari virus.

Boot sector
Ketika Anda menghidupkan komputer, maka komputer akan mengakses suatu bagian pada disk yang disebut dengan "boot sector" dan akan menjalankan program yang nantinya akan memulai sistem operasi. Pada jaman awal-awalnya virus komputer, seringkali area boot sector ini ditumpuki dengan kode virus, sehingga ketika komputer dinyalakan dan mengakses boot sector, maka kode virus secara otomatis akan dijalankan pula.

Virus e-mail
Kebanyakan virus e-mail ini sangat tergantung dari user yang mengklik  dokumen atau program yang ada pada attachment e-mail. Ini akan  menimbulkan virus untuk mem-forward dokumen yang terinfeksi tadi  kepada alamat e-mail yang lainnya. Virus Netsky sebagai contoh, mampu  mencari file-file dalam komputer Anda yang berisi alamat e-mail  (misalnya HTML file atau file dalam format EML), dan akan  menggunakan program e-mail yang ada pada komputer Anda untuk  mengirimkan dokumen yang terinfeksi ke alamat-alamat e-mail yang  sudah didapat tadi.

Beberapa virus lainnya seperti Sobig-F bahkan sudah tidak memerlukan  program e-mail pada komputer Anda untuk mengirimkan e-mail, tetapi  mereka memiliki SMTP engine sendiri untuk mengirimkan e-mail. E-mail virus ini bisa menguasai komputer Anda atau bahkan mencuri data. Tetapi target utama dari jenis virus e-mail ini biasanya akan menimbulkan trafik email yang sangat besar dan membuat server menjadi crash.Sekali lagi hatihatilah terhadap attachment pada e-mail Anda. Bahkan attachment dengan ekstensi .txt juga dapat berbahaya karena seringkali dibelakangnya masih ada  ekstensi lagi misalnya .vbs yang dapat berisi script dari virus.

Sumber : http://geenz.files.wordpress.com/2008/11/keamanan-jaringankomputer-virus1.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters