Home » » Klasifikasi Virus Komputer

Klasifikasi Virus Komputer


Virus dan program lain yang bersifat membahayakan sistem komputer dapat diklasifikasikan berdasar sifat dan ciri khususnya. Sayangnya klasifikasi mengenai virus komputer pada umumnya masih rancu dan menjadi kontroversi bagi pengguna komputer. Berikut adalah klasifikasi umum virus komputer:


Malware: singkatan dari malicious software (software mencurigakan). Merupakan sebutan umum untuk virus dan semua software berbahaya lainnya.

Virus: merupakan program komputer yang dapat mereplikasi dirinya sendiri dengan menginfeksi (menumpang) pada program lainnya sehingga program menjadi memiliki sifat identik dengan virusnya. 

Worm komputer adalah program mandiri yang mempunyai  kemampuan untuk berkembang biak, menulari sistem  komputer, dan jika menulari program atau file lain maka file yang tertular tidak  menjadi file infector.

Trojan horse: dibaca troyan ho:se.  Pada dasarnya merupakan sebuah program Remote Administration Tool (Alat Administrasi Jauh). Diciptakan untuk sebuah fungsi awal membantu administrator melakukan tugasnya dari jarak jauh tanpa harus ada di depan mesin yang bersangkutan. Namun setelah dipegang oleh tangan yang tidak bertanggung jawab, fungsinya menjadi destruktif. Ciri utama trojan adalah stealth (siluman), bisa menyamar sebagai file/program baik-baik namun ketika dieksekusi dapat menjalankan hal yang tidak diinginkan pada mesin pengguna. Karena itulah RAT pada akhirnya lebih dikenal publik sebagai trojan horse karena sifatnya menipu seperti kuda troya dalam mitologi Yunani. 

Malicious toolkits/virus generator: merupakan program yang diciptakan dengan tujuan menciptakan (generate) program berbahaya lainnya. 

sumber : http://restava.files.wordpress.com/2009/08/apa-itu-virus-komputer.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters