Home » » Mencegah virus Komputer

Mencegah virus Komputer


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah virus, berikut ini  akan disajikan hal-hal tersebut.


  • Membuat orang paham terhadap risiko virus, Katakan kepada semua orang bahwa mereka selalu dalam risiko ketika  membuka e-mail, membuka attachment e-mail, download file dari suatu situs  atau saling bertukar disket. Mereka harus mengerti bahwa bahaya virus ada  dimana-mana dan berhati-hatilah. 
  • Install program anti-virus dan update-lah secara reguler, Program anti-virus dapat mendeteksi dan terkadang mampu untuk  membasmi virus. Jika program tersebut menawarkan on-access scanner,  segera saja gunakan fasilitas tersebut. 
  • Selalu gunakan software patch untuk menutup lubang security, Selalu monitor perkembangan patch untuk sistem operasi yang Anda  gunakan. Jika ada yang baru segera di-download dan jalankan agar menutup  lubang security yang ada pada komputer Anda. Ini akan membuat virus  sedikit sulit untuk menyebar. 
  • Gunakan firewall,Sebuah firewall mampu untuk mencegah akses ilegal ke sistem komputer  atau jaringan Anda. Ini juga bisa mencegah penyebaran virus secara cepat ke dalam jaringan. 
  • Selalu backup secara reguler data Anda, Selalu buatlah backup untuk semua data yang ada pada komputer Anda.  Pilihlah data dan program yang Anda anggap penting dan lakukan backup  secara reguler. Jika sewakti-waktu komputer Anda terinfeksi virus maka  Anda masih bisa melakukan restore dengan data dan program yang bersih.

sumber : http://geenz.files.wordpress.com/2008/11/keamanan-jaringankomputer-virus1.pdf


0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters