Home » » Bagaimana ciri-ciri komputer terkena virus?

Bagaimana ciri-ciri komputer terkena virus?


1. Sistem Melambat 
Jika sistem komputer kita tiba-tiba melambat (tidak seperti biasanya) secara  ekstrem, kita wajib berhati-hati! Bisa jadi komputer kita terkena serangan virus.    Proses awalnya biasanya ditandai dengan melambatnya kinerja komputer. Jadi,  jika suatu saat kita bekerja dengan suatu program dan program tersebut  berperilaku tidak seperti biasanya, misalnya proses menjadi amat lambat, kita  boleh curiga, mungkin komputer terkena virus.    Jika kita bekerja dengan jaringan (network), akses network menjadi sedemikian  lambatnya, tidak seperti biasanya, ini juga wajib kita waspadai. 

2. Keluar Pesan Aneh 
Saat kita bekerja dengan komputer, tiba-tiba muncul pesan aneh yang biasanya  tidak pernah muncul. Ini jelas sekali, pertanda bahwa komputer kita mungkin  terkena virus. Contoh pesan-pesan aneh ini beraneka ragamnya. Misalnya  muncul pesan tertentu dengan bahasa enggak karuan.  

3. Keluar Kejadian Aneh
Kejadian aneh di sini misalnya, saat kita membuka program-program pengatur  sistem Windows, seperti msconfig, Task Manager, regedit, tiba-tiba komputer  menjadi macet atau malahan melakukan  booting ulang. Padahal sebelumnya  tidak pernah terjadi keanehan seperti itu. Atau tampilan desktop tiba-tiba  menjadi kacau (misalnya menu Start hilang, Taskbar hilang) atau berubah  dengan sendirinya.  

4. Muncul File-File Baru
Tiba-tiba kita menemukan file-file baru yang tidak pernah ada sebelumnya  muncul pada disk. Apakah file itu dalam bentuk  execute ataupun teks biasa.   Juga dengan nama sembarang ekstension. Misalnya doc, txt, scr, exe, dll, jpg,  dan sebagainya. File-file baru yang bermunculan ini, biasanya  cukup banyak  jumlahnya. Juga, file-file baru tersebut dalam ukuran yang sama.

5. Setting Program Berubah
Settingan program berubah dengan sendirnya. Misalnya, Windows Explorer  tiba-tiba kehilangan satu atau dua pilihannya. Misalnya pilihan Folder options hilang. Pilihan pada menu Start ada yang hilang.   Meskipun tanda-tanda ini tidak akurat, namun itu adalah beberapa tanda, yang  mungkin dapat dipakai sebagai langkah awal deteksi kehadiran virus pada sistem  komputer

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters