Home » » Dampak yang Ditimbulkan Oleh Virus Komputer

Dampak yang Ditimbulkan Oleh Virus Komputer


Memperlambat e-mail
Virus dapat menyebar melalui e-mail, seperti virus Sobig, dan mampu  untuk membuat trafik e-mail yang sangat besar yang tentu saja akan  membuat server menjadi lambat atau bahkan menjadi crash. Bahkan jika  hal tersebut tidak sampai terjadi, perusahaan yang merasa terganggu  dengan insiden ini toh juga akan mematikan servernya. 

Mencuri data konfidental
Worm Bugbear-D contohnya, mampu merekam keystroke keyboard  Anda, termasuk password dan lain sebagainya. Rekaman tadi biasanya  akan dikirim ke si pembuat virus untuk dimanfaatkan lebih lanjut. 

Menggunakan komputer Anda untuk menyerang suatu situs
MyDoom contohnya, dia menginfeksi banyak komputer di seluruh dunia  untuk menyerang situs SCO dengan traffic data yang sangat besar. Ini  akan membuat situs tersebut akan terbebani luar biasa dan akhirnya akan  crash dan tidak bisa melayani pengguna lainnya. Ini biasa dinamakan  dengan denial of service. 

Membiarkan orang lain untuk membajak komputer Anda
Beberapa virus menempatkan trojan backdoor pada komputer dan ini  akan membuat si pembuat virus dapat terhubung ke komputer tersebut  secara diam-diam dan bisa dimanfaatkan lebih lanjut sesuai dengan  keinginannya. 

Merusak data
Virus Compatable contohnya, dapat membuat perubahan pada data yang  Anda simpan pada dokumen MS Excel. 

Menghapus data
Virus Sircam contohnya, berusaha untuk menghapus atau mengoverwrite hardisk Anda pada suatu waktu tertentu yang tidak terduga. 

Men-disable hardware
Virus CIH atau Chernobyl contohnya, berusaha untuk meng-overwrite  chip BIOS pada tanggal 26 April dan akan membuat komputer Anda  menjadi tidak berfungsi. 

Menimbulkan hal-hal yang aneh dan mengganggu
Virus worm Netsky-D contohnya, dapat membuat komputer berbunyi  beep secara spontan atau tiba-tiba untuk beberapa jam lamanya. 

Menampilkan pesan tertentu
Virus Cone-F contohnya, akan menampilkan pesan berbau politik jika bulan menunjukkan bulan Mei. 

Merusak kredibilitas Anda
Jika virus mem-forward dirinya sendiri dari komputer Anda ke komputer  pelanggan Anda atau komputer rekan bisnis Anda, maka hal ini akan  merusak reputasi Anda sebagai suatu organisasi dan mereka akan tidak  mau lagi melanjutkan hubungan bisnis dengan Anda atau malah  menuntut kompensasi dari pihak Anda. 

Membuat malu Anda
Virus PolyPost contohnya, akan memposting dokumen dan nama Anda pada  newsgroup yang berbau pornografi.

Sumber : http://geenz.files.wordpress.com/2008/11/keamanan-jaringankomputer-virus1.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters