Home » » Komersialisasi Ruang Angkasa

Komersialisasi Ruang Angkasa


Suatu era baru  telah dimulai di dalam perkembangan  kegiatan  keantariksaan. Kegiatan keruangangkasaan itu meliputi semua hal mengenai  eksploitasi  bulan beserta benda langit lainnya, dan pemanfaatan ruang angkasa  sebagai suatu ruang. Kegiatan itu antara lain meliputi proses penempatan  peralatan eksploitasi, kegiatan eksploitasi dan pengangkutan ke bumi hasil  eksploitasi, kemudian kegiatan ruang angkasa itu meliputi proses penempatan dan  pengoperasian benda-benda angkasa ke ruang angkasa. 

Kini pada abad modern ini, telah berkembang dan meningkat pesat salah  satu bentuk kegiatan keruangangkasaan yakni komersialisasi ruang angkasa.  Letak ruang angkasa yang jauh dari daratan bumi tidak menghalangi manusia  untuk melakukan aktivitas yang memberikan keuntungan yanag berlipat ganda.  Bukti-bukti yang terus bertambah, terutama di negara-negara industri maju, telah  menyangkal kebenaran sindiran “ outer space is a waste of taxpayers’ money”.   Kegiatan-kegiatan  yang termasuk ke dalam aktivitas komersial ruang  angkasa adalah sebagai berikut :

1. Telekomunikasi dan Informasi

Kegiatan telekomunikasi dan informasi ini pada awalnya menitik beratkan  untuk kepentingan pelayanan dan search rescue. Namun dalam perkembangannya  kemudian memperluas pelayanan jasa-jasanya menjadi suatu jaringan komunikasi  global untuk pelayanan  mobile communication, misalnya untuk mereka yang  bergerak di bidang penerbitan, pengelolaan, data, hukum, tata buku, periklanan dan peningkatan secara tajam jenis-jenis space communication  dari hanya  voice  menjadi bentuk jasa-jasa lain seperti  navigation, direct broadcasting, messages,  digital radio, multimedia. Kemudian juga perluasan pemanfaatan orbit bumi dan  pengembangan jasa jaringan infrastruktur informasi global.

2. Transportasi Ruang Angkasa

Kegiatan transportasi ruang angkasa mengalami peningkatan frekuensi peluncuran secara drastis, klasifikasi jenis flight intrumentalifies pun semakin bervariasi.  Yang termasuk kegiatan transportasi ruang angkasa adalah:

1) Penempatan/peluncuran satelit-satelit pada orbitnya
2) Pemasokan akomodasi stasiun ruang angkasa
3) Wisata di ruang angkasa
4) Pembangunan instalasi bagi industri di bidang ruang angkasa
5) Kemudian bahkan ada suatu kemungkinan dibuatnya pemukiman di ruang  angkasa

3. Penginderaan Jauh (Remote Sensing)

Teknologi satelit penginderaan jauh telah mengalami suatu kemajuan yang pesat sehingga mampu menghasilkan citra dengan resolusi yang sangat tinggi,  demikian juga perangkatnya yang makin bervariasi. Pemanfaatan hasil citra dari  penginderaan jauh juga semakin bervariasi, antara lain seperti:

a. Untuk kepentingan-kepentingan sumber daya alam hayati dan non hayati
b. Pertanian, pengelolaan dan pemanfaatan lingkungan, tata kota, pelestarian hujan,  kehutanan, pencegahan bencana alam dan lain-lain.


Hasil dari penginderaan jauh ini sangat berguna dan dibutuhkan untuk  menunjang upaya pembangunan bagi negara-negara khususnya Negara  berkembang.

4. Penyiaran Langsung (Direct Broadcasting)

Dengan adanya penyiaran langsung ini, prospek dari penyelenggaraan jasa satelit langsung juga melonjak dengan pesat, baik untuk kepentingan televise  (signal TV) maupun kepentingan radio (digital radio). Melalui jasa satelit  penyiaran langsung ini maka daerah-daerah yang selama ini tidak dapat dijangkau  dengan siaran TV dan radio akan mulai dapat terjangkau sehingga informasi dapat  disebarluaskan ke seluruh daerah.

5. Penambangan di Ruang Angkasa (mining)

Salah satu yang mendorong penambangan di ruang angkasa adalah  semakin berkurangnya cadangan sumber daya alam  di bumi, ditemukannya  kandungan sumber daya mineral yang cukup besar seperti besi, alumunium dan  titanium di bulan dan asteroid-asteroid tertentu.

6. Industri Fabrikan

Dari kegiatan industri fabrikan telah dikembangkan penelitian bagi  kemungkinan-kemungkinan  pengkajian usaha produksi logam mulia, semi  konduktor dan obat-obatan. Selain itu telah disiapkan suatu rangkaian percobaan  untuk menghasilkan produk seperti nikel dan semi nikel dalam kondisi tanpa  bobot yang dikenal dengan program TT 500A.

7. Stasiun Ruang Angkasa

Kegiatan-kegiatan stasiun ruang angkasa yang dilakukan mencakup:

1) Merakit bangunan besar di ruang angkasa
2) Penelitian micrograviti untuk kepentingan industri informasi
3) Pengembangan ilmu pengetahuan tentang atmosfir dan kehidupan
4) Kegiatan perbaikan dan pemeliharaan satelit di ruang angkasa
5) Pemeliharaan plat form ruang angkasa

sumber : http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/25537/3/Chapter%20II.pdf


0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters