Home » , , » Dahlan: Tucuxi, Sengsara Membawa Nikmat

Dahlan: Tucuxi, Sengsara Membawa Nikmat


Dahlan: Tucuxi, Sengsara Membawa Nikmat  


TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan mengumpamakan kecelakaan mobil listrik Tucuxi di Temanggung dengan istilah "sengsara membawa nikmat". Kata Dahlan, kecelakaan pada 5 Januari 2013 itu menimbulkan keributan yang bising, tapi memberikan pelajaran berharga.

Dahlan bercerita tentang insiden Tucuxi melalui artikel Manufacturing Hope 60 yang ditayangkan pada Senin, 14 Januari 2014. Menurutnya kesalahan masa lalu tidak boleh terulang. "Kalau mobil listrik tidak kita siapkan sekarang, kita akan menyesal untuk kedua kalinya," tulis Dahlan. "Kelak, kalau dunia sudah berganti ke mobil listrik, jangan sampai kita kembali hanya jadi pasar mobil impor seperti sekarang ini!"

Sebelum kecelakaan Tucuxi, Dahlan menulis, proyek uji coba mobil listrik pernah mengalami beberapa kali kejadian memalukan. Pada awalnya, Dahlan menjajaki mobil listrik buatan Dasep Ahmadi. Ternyata, mobil mogok ketika tiba di Jalan Thamrin, Jakarta dari Depok. Minggu berikutnya, mobil listrik ternyata letoy di tanjakan. "Padahal perjalanan uji coba itu juga diliput langsung oleh media secara luas," Dahlan menulis.

Mobil listrik buatan Dasep terus mengalami perbaikan. Setelah itu, muncullah Tucuxi yang bergaya Ferari. Mobil buatan Danet Suryatama ini dibanderol seharga Rp 3 miliar. Dahlan mengatakan sangat bangga karena Tucuxi buatan Danet bisa meluncur mulus tanpa membuat "malu".

Dahlan lalu membeberkan kronologi uji coba hingga kecelakaan Tucuxi. Saat melewati jalanan curam dengan pinggirnya jurang, Dahlan menginjak rem sekuatnya sehingga blong. Kecelakaan heboh itu akhirnya terjadi. "Saya memang salah dalam cara mengemudi seperti itu," ujarnya.

Kecelakaan lalu lintas dan izin Tucuxi itu bisa saja menghadapi masalah hukum. Dahlan mengatakan siap menjalaninya dengan seikhlas-ikhlasnya. "Tapi, pelajaran teknologi itu akan menyelamatkan banyak orang di masa depan. Saya akan jalani konsekuensi itu, tapi ilmu pengetahuan harus tetap berkembang. Tidak boleh terhenti karena kecelakaan itu." Simak berita Dahlan Iskan dan proyek mobil listriknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters