Home » , , » Kecelakaan Tucuxi Dahlan, Ini Kata Polisi

Kecelakaan Tucuxi Dahlan, Ini Kata Polisi

Kecelakaan Tucuxi Dahlan, Ini Kata Polisi  



TEMPO.COmMagetan - Tim Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Ditlantas Polda) Jawa Timur dan Laboratorium Forensik (Labfor) Kepolisian Republik Indonesia Cabang Surabaya turun tangan dalam penyelidikan kecelakaan mobil listrik Tucuxi yang dikendarai Menteri BUMN Dahlan Iskan.
"Karena menyangkut pejabat negara atau VIP, maka Ditlantas Polda dan Labfor turun tangan," kata Kepala Kepolisian Resor Magetan Ajun Komisaris Besar Agus Santosa saat dihubungi, Ahad, 6 Januari 2013.
Agus mengatakan, tim Ditlantas dan Labfor akan menyelidiki lokasi kecelakaan dan mobil listrik Tucuxi yang kini diamankan di Markas Kepolisian Resor Magetan. Kaca mobil yang diberi label nomor DI 19 tersebut hancur. Beberapa bagian bodi dan bumper juga ringsek. Selain Tucuxi, polisi juga mengamankan mobil Toyota Kijang dari arah berlawanan yang ditabrak Tucuxi.
Kepolisian Resor Magetan sudah meminta keterangan Dahlan dan pengendara mobil Toyota Kijang yang sempat ditabrak mobil yang dikendarai Dahlan, setelah menghantam tebing dan tiang listrik. "Tadi malam Pak Dahlan sudah dimintai keterangan. Pengemudi mobil Kijang juga sudah," ucapnya.
Berdasarkan keterangan Dahlan dan olah tempat kejadian perkara, sementara Kepolisian Resor Magetan menduga penyebab kecelakaan karena rem Tucuxi blong. "Sementara dugaannya karena rem blong," kata Agus.
Keterangan ini diperkuat pengakuan Dahlan. "Rem (kaki) blong dan hand rem (rem tangan) tak berfungsi," ujar Dahlan saat ditemui di Pesantren Sabilil Muttaqin (PSM), Kecamatan Takeran, Magetan, setelah kecelakaan.
Mobil listrik Tucuxi yang dikendarai Dahlan celaka di Jalan Raya Solo-Magetan, Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, Magetan, Sabtu sore, 5 Januari 2013. "Sengaja saya tabrakkan ke tebing karena rem blong untuk menghindari tabrakan dengan mobil dari arah berlawanan," kata Dahlan tadi malam.
Dahlan dan ahli mobil listrik yang mendampinginya, Ricky, selamat, meski seluruh kaca mobil pecah. Kecelakaan terjadi saat test drive dari Solo menuju kampung halaman Dahlan di Magetan.
Dahlan mengaku sering mengerem saat melintasi lereng Gunung Lawu sepanjang Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, hingga Kelurahan/Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur.
Karakteristik jalan setempat berupa tanjakan dan turunan serta belokan tajam di sejumlah titik. Kecelakaan terjadi saat kecepatan mobil sekitar 80 kilometer per jam di jalan yang menurun setelah melewati Kawasan Wisata Telaga Sarangan, Plaosan, Magetan. Simak berita Dahlan Iskan dan proyek mobil listriknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters