Home » , » Cabang-cabang Astronomi

Cabang-cabang Astronomi


Astronomy dipisahkan ke dalam cabang. Perbedaan pertama di antara 'teoretis dan  observational' astronomi. Pengamat menggunakan berbagai jenis alat untuk  mendapatkan data tentang gejala, data yang kemudian dipergunakan oleh  teoretikus untuk 'membuat' teori dan model, menerangkan pengamatan dan  memperkirakan yang baru. 

Bidang yang dipelajari juga dikategorikan menjadi dua cara yang berbeda: dengan  'subyek', biasanya menurut daerah angkasa (misalnya Astronomi Galaksi) atau  'masalah' (seperti pembentukan bintang atau kosmologi); atau dari cara yang  dipergunakan untuk mendapatkan informasi (pada hakekatnya, daerah di mana  spektrum elektromagnetik dipakai). Pembagian pertama bisa diterapkan kepada  baik pengamat maupun teoretikus, tetapi pembagian kedua ini hanya berlaku bagi  pengamat (dengan tak sempurna), selama teoretikus mencoba menggunakan  informasi yang ada, di semua panjang gelombang, dan pengamat sering  mengamati di lebih dari satu daerah spektrum. 

Berdasarkan subyek atau masalah 

Astronomi Planet, atau Ilmu Pengetahuan Planet: setan debu Mars. Dipotret oleh  NASA Global Surveyor di orbit Mars, coret gelap yang panjang terbentuk oleh  gerakan gumpalan atmosfer Mars yang berputar-putar (dengan kesamaan ke angin  tornado darat). Setan debu (tempat hitam) mendaki tembok kawah. Coret di  setengah tangan benar gambar adalah bukit pasir di lantai kawah.


  • Astrometri: penelitian posisi benda di langit dan perubahan posisi mereka.  Mendefinisikan sistem koordinat yang dipakai dan kinematika dari bendabenda di galaksi kita. 
  • Kosmologi: penelitian alam semesta sebagai seluruh dan evolusinya. 
  • Fisika galaksi: penelitian struktur dan bagian galaksi kita dan galaksi lain. 
  • Astronomi ekstragalaksi: penelitian benda (sebagian besar galaksi) di luar  galaksi kita. 
  • Pembentukan galaksi dan evolusi: penelitian pembentukan galaksi, dan evolusi mereka. 
  • Ilmu planet: penelitian planet dan tata surya. 
  • Fisika bintang: penelitian struktur bintang. 
  • Evolusi bintang: penelitian evolusi bintang dari pembentukan mereka sampai akhir mereka sebagai bintang sisa.  Pembentukan bintang: penelitian kondisi dan proses  yang menyebabkan  pembentukan bintang di dalam awan gas, dan proses pembentukan itu sendiri. 


0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters