Home » » Atmosfer Bumi

Atmosfer Bumi



Atmosfer berasal dari bahasa Yunani yaitu atmos (uap) dan sphaira (bola/bumi). Jadi  atmosfer menurut bahasanya dapat diartikan selubung berwujud gas yang mengelilingi  bumi. Atmosfer terdiri atas sejumlah lapisan. Penamaanya didasarkan pada perbedaan karakteristik masing-masing lapisan. Atmosfer memiliki banyak manfaat yaitu  diantaranya;
  • .      Oksigen dan nitrogennya yang sangat penting untuk kelangsungan kehidupan di bumi.
  •      Melindungi manusia dan makhluk hidup lainnya dari bahaya sinar ultraviolet dan sinar gamma yang dipancarkan matahari dan bintang.
  •        Menjaga kesinambungan siklus air di permukaan bumi
  •        Untuk proses pelapukan  bebatuan.
  •        Memberikan kontribusi terhadap perubahan bentuk permukaan bumi, dan
  •       Memungkinkan untuk terjadinya komunikasi radio jarak jauh.

(Konrad, Beiser , 1960)

Bagi para astronom yang berada di Bumi ( astronom terrestrial), keberadaan atmosfer bumi memberikan  gangguan yang cukup berarti. Untuk dapat mengamati  benda langit secara keseluruhan maka akan terdapat kesalahan yang ditimbulkan dari fungsi atmosfer sebagai filter yang hanya melewatkan spektrum gelombang elektromagnetik pada daerah jangkauan panjang gelombang tertentu, sehingga  diciptakan roket astronomi untuk dapat mengamati  benda langit di luar pengaruh  atmosfer bumi.

Atmosfer  bumi menimbulkan efek langit biru yang menyebabkan bintang tidak tampak pada siang hari. Cahaya matahari yang dipancarkan ke segala arah, hanya sebagian kecil yang sampai ke bumi. Sebagian besarnya diserap, dipantulkan dan dihamburkan oleh gas dan debu yang berukuran sangat kecil (mikroskopik). Partikel debu memiliki kemampuan yang lebih baik  daripada molekul gas dalam memantulkan dan menghamburkan cahaya. (Stuard J. Inglish, 1963)

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters