Home » » Jarak Bintang

Jarak Bintang


Jarak bintang terhadap matahari merupakan  karakteristik yang sulit untuk ditentukan tetapi sangat penting. Semua proses kehidupan bintang ditentukan oleh rata-rata  jumlah dan jenis energi yang diradiasikan. Jumlah energi bintang yang diradiasikan ke jagat raya tidak dapat diketahui sampai jaraknya dapat ditentukan.

Metode pertama yang digunakan untuk menentukan jarak bintang dari matahari  yaitu metode heliosentrik paralaks yang memiliki sifat yang terbatas. Bila bintang terdekat nampak berotasi membelakangi dan kemudian berada di depan latar belakang bintang disebabkan revolusi bumi terhadap matahari, maka sudut paralaks p (gambar 2.4) menunjukkan besar perubahan posisi bintang. Sudut ini dapat ditinjau secara trigonometri yaitu dengan mengambil radius orbit bumi dan jarak OS.


OE merupakan radius orbit bumi dan OS merupakan jarak bintang terhadap matahari.  Apabila jarak matahari terhadap bintang diketahui maka jarak bintang terhadap bumi  juga dapat ditentukan. Satuan yang sering digunakan dalam astronomi untuk  menyatakan jarak suatu bintang adalah parsek dan tahun cahaya. Satu parsek (pc)  didefinisikan sebgai jarak bintang yang paralaksnya satu detik busur sedangkan satu  tahun cahaya (ly) didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya selama satu  tahun.  Pergeseran posisi tahunan yang terlihat terhadap bintang terdekat inilah yang   disebut heliosentrik paralaks. Ketika posisi bumi di E1 maka bintang seolah-olah  tampak berada di S1 dan enam bulan kemudian ketika posisi bumi di E2 maka bintang  seolah-olah berada di S2. (Stuard J. Ingglis, 1963). Paralaks bintang tampak sebagai  pergeseran posisi yang cukup besar untuk ribuan bintang terdekat. Bintang terdekat  adalah  Proxima Centauri yang berjarak  4 x 1016 meter dari matahari.




0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters