Home » » Kenapa Bintang bercahaya?

Kenapa Bintang bercahaya?


Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri.. Menurut  ilmu astronomi, definisi bintang adalah semua benda massif (bermassa antara 0,08  hingga 200 kali massa matahari) yang sedang atau pernah melakukan pembangkitan  energi melalui fusi nuklir berantai. Oleh sebab itu bintang katai putih yang sudah tidak  memancarkan cahaya atau energi juga tetap disebut sebagai bintang. 


Reaksi fusi nuklir (reaksi termonuklir) adalah sebuah proses saat dua inti atom bergabung, membentuk inti atom yang lebih besar dan melepaskan energi. Fusi nuklir  nadalah sumber energi yang menyebabkan  bintang bersinar. Proses ini membutuhkan  energi yang besar untuk menggabungkan inti nuklir. Energi yang dihasilkan dari  reaksi fusi nuklir ini lebih besar dari energi yang dibutuhkan untuk menggabungkan  dua inti atom menjadi inti atom yang lebih besar. Ada dua jenis reaksi fusi hidrogen,  yaitu rantai proton-proton dan siklus CNO yang keberlangsungannya bergantung pada  ukuran bintang. Untuk bintang-bintang seukuran  matahari atau lebih kecil, reaksi  rantai proton-proton mendominasi, sementara untuk bintang berukuran lebih besar  dari matahari siklus CNO yang mendominasi. Reaksi inti lainnya seperti reaksi fusi  helium dan karbon juga terjadi bergantung terutama pada tahapan evolusi bintang.  Reaksi fusi antara dua inti atom yang lebih ringan daripada besi dan nikel, melepaskan  energi. Sedangkan, reaksi fusi antara dua inti atom yang lebih berat daripada besi dan  nikel, menyerap energi. (A.W, Wisnu,2000)


Planet merupakan benda langit yang tidak mengalami fusi nuklir pada intinya.  Planet tampak bercahaya karena memantulkan cahaya matahari atau bintang yang berada di dekatnya. Cahaya yang dipantulkan planet sangat lemah dan planet terlihat  sebagai piringan cahaya dan tidak berkelip seperti halnya bintang. (Chatief Kunjaya, 2006)


0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters