Home » » Perubahan Posisi Bintang

Perubahan Posisi Bintang


Kecepatan bintang berubah posisi (berpindah) mendekat atau menjauh dari bumi dapat  diperhatikan dari pergeseran Doppler dalam garis spektrumnya. Perubahan posisi  bintang yang terlihat sesuai dengan arah pengamatan. Besar perubahan posisi bintang yang terjadi menunjukkan bahwa perpindahannya terlalu lambat, sangat lambat sehingga bintang dianggap seperti tidak berpindah. 

Susunan bintang A merupakan susunan bintang sekarang dan susunan bintang B merupakan susunan bintang yang terlihat 100.000 tahun yang lalu. Banyak bintang  berpindah tidak sepanjang atau bersebrangan dengan arah pengamatan melainkan  membentuk sudut miring terhadapnya. Spektrum bintang menunjukkan bahwa bintang  bergerak dengan kecepatan tertentu mendekati atau menjauhi pengamat, dan arah  pengamatan menunjukkan perpindahan posisi terjadi dalam arah tertentu yaitu  bersebrangan dari arah garis pengamatan. Bila jarak bintang diketahui, maka  kecepatan perubahan posisi dapat dihitung. Perubahan posisi bintang dapat ditentukan  melalui penjumlahan vektor kecepatan yang diamati. Dari perhitungan yang dilakukan  sedemikian didapatkan banyak bintang bergerak dengan kecepatan  ribuan meter per  detik.   Dari perubahan posisi bintang dapat diasumsikan bahwa matahari juga  bergerak. Perubahan posisi bintang terjadi secara beraturan. Bila matahari bergerak  mendekati daerah tertentu dari jagat raya, bintang dalam arah rata ratanya akan  terlihat mendekati kita. Perubahan posisi bintang rata-rata dapat diamati dari gugusan
bintang. Kajian lebih lanjut dari gerak ini menunjukkan bahwa matahari dan kerabat  planetnya bergerak mendekati  Hercules dengan kecepatan sekitar 2 x 104 meter per detik. (Konrad K., Arthur Beiser, 1960)

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters