Home » » Lapisan-lapisan Matahari

Lapisan-lapisan Matahari



Lapisan matahari terdiri dari : 


1. Inti , bersuhu 1,5 x 107 K 
Disebut juga lapisan radiatif. Berada di bagian dalam / pusat matahari. Suhunya antara 10.000.000°C sampai 15.000.000°C. Di tempat ini terjadi reaksi nuklir / 
reaksi inti Hidrogen - Helium. Energi yang dipancarkan keluar dari permukaan 
matahari dalam bentuk gelombang elektromagnetik.  

2. Fotosfer, bersuhu  5700 K    
Disebut juga lapisan cahaya. Cahaya yang dipancarkan fotosfer sangat kuat :  cahaya dari fotosfer inilah yang sampai ke bumi. Fotosfer terdiri atas gas. Fotosfer  merupakan lapisan permukaan matahari. Suhu di fotosofer 6000°C, warnanya  putih menyilaukan. 

3. Kromosfer, suhu 10.000 K 
Disebut juga lapisan bawah atmosfer matahari. Sinar kromosfer tidak seterang  fotosfer. Warnanya merah lemah. Warna merah itu dipancarkan oleh atom-atom  hydrogen. Tebal kromosfer 10.000 km. Kromosfer sering memunculkan lidah api.  Suhu kromosfer 5.000°C, makin keluar bisa mencapai 20.000°C. 

4. Korona, suhu 2 x 106 K 
Disebut juga mahkota, merupakan lapisan atmosfer matahari yang paling luar. Korona mudah dilihat ketika terjadi gerhana matahari total, sebab pada saat itu bagian matahari yang paling menyilaukan tertutup oleh bulan. Bentuk korona  berubah-ubah. Batas korona tidak sejelas seperti pada batas kromosfer, sekitar berjuta-juta km. Suhu korona 1.000.000°C. Warnanya putih keabu-abuan. Korona terdiri dari gas-gas yang terionisasi. Koronagraf ialah alat untuk membuat gerhana matahari buatan, sehingga dapat dipakai untuk melihat korona. 




0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters