Home » » Sudah 590 Orang Jadi Korban Meteor Di Rusia

Sudah 590 Orang Jadi Korban Meteor Di Rusia




 Jumat, 15 Februari 2013 21:48 WIB
TRIBUNNEWS.COM, RUSIA--Meteor yang meledak di atas langit Kota Chelyabinsk, di wilayah Ural, bagian tengah Rusia, Jumat (15/2/2013) pagi tadi diperkirakan seberat 10 ton hingga 11 ton.
Akademi Sains Rusia, dalam pernyataan resminya, juga menyatakan, meteor tersebut melesat dengan kecepatan supersonik hingga 54.000 kilometer perjam. Kemudian, saat berada di ketinggian 30-50 kilometer di atas permukaan tanah, meteor tersebut meledak.
Ledakannya yang kuat hingga memporak-porandakan daerah di bawahnya. Laporan terakhir, tak kurang dari 500 orang luka-luka dan tiga kritis. Umumnya, mereka terluka terkena pecahan kaca bangunan akibat getaran yang sangat kuat. Data terakhir, total korban mencapai 590 orang sepeti dikutip Russia Today oleh Kompas.com
Pemerintah Rusia langsung mengerahkan 20.000 petugas tanggap bencana dan 3 helikopter untuk menyisir korban peristiwa tersebut.
Diperkirakan terdapat pecahan meteor yang jatuh sampai ke permukaan Bumi. Juru bicara militer Rusia Yarslavl Roshuokin mengatakan ditemukan kawah bekas tumbukan meteor berdiameter 6 meter di dekat sebuah danau di daerah Cherbakul.
Selain itu, sebuah pecahan meteor juga diperkirakan jatuh di pabrik seng yang porak poranda bagian atapnya karena gelombang kejut saat ledakan terjadi. Atap pabrik seluas 600 meter persegi ambruk.
Meteor meledak sekitar pukul 09.20 waktu setempat di saat penduduk mulai beraktivitas. Beberapa orang sempat merekam detik-detik menjelang ledakan dan mengunggahnya di YouTube.
Saat meteor meledak, dilaporkan sempat terjadi perubahan suhu di sekitar lokasi dari -6 derajat menjadi -18 derajat Celcius dan gelap beberapa saat. Ledakan juga sempat memutus layanan telekomunikasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters