Home » » Jokowi: Saya Makan Juga Tidak Bisa Gemuk

Jokowi: Saya Makan Juga Tidak Bisa Gemuk



KAMIS, 21 FEBRUARI 2013 | 16:10 WIB

TEMPO.COJakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjawab santai soal rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menaikkan gaji kepala daerah, mulai dari wali kota hingga gubernur. "Saya makan juga tidak bisa gemuk," katanya di Pondok Labu, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Februari 2013.

Jokowi menolak berkomentar soal rencana Presiden untuk menaikkan gaji tersebut. Menurut dia, rencana kenaikan gaji itu sepenuhnya merupakan wewenang dari pemerintah pusat. "Saya tidak mengerti soal itu, tidak mikirin," ujarnya.

Jokowi menilai rencana kenaikan gaji itu tidak akan mengurangi perilaku koruptif. "Memang apa hubungannya?" kata Jokowi balik bertanya. Dia mengaku gajinya sebagai Gubernur DKI Jakarta sudah mencukupi kehidupannya, bahkan lebih dari cukup.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai gaji kepala daerah sudah saatnya untuk dinaikkan. Soalnya, gaji kepala daerah tersebut belum pernah naik sejak delapan tahun lalu. Presiden mengatakan kenaikan gaji itu harus sebanding dengan beban dan tanggung jawab yang dimiliki kepala daerah.

Presiden memerintahkan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan untuk membahas kenaikan gaji bersama Wakil Presiden Boediono. Kenaikan gaji itu dinilai presiden sudah adil lantaran gaji PNS golongan 1A sudah naik dari Rp 600 ribu menjadi Rp 2 juta.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters