Home » » Definisi inteligensi

Definisi inteligensi


Definisi inteligensi

Intelegensi adalah salah satu kemampuan mental, pikiran atau intelektual manusia. Intelegensi merupakan bagian dari prose-proses kognitif pada urutanyang lebih tinggi (higher order cognition). Secara umum intelegensi sering di sebut kecerdasan, sehingga orang yang memiliki intelegensi tinggi sering di sebut pula sebagai orang cerdas atau jenius.

Definisi intelegensi menurut para ahli:

1.      Charles Sperman(1863-1945) berpendapat bahwa inteligensi merupakan kemampuan yang tunggal. Dia menyimpulkan bahwa semua tugas dan presentasi mental hanya menuntut dua macam kualitas saja, yaitu intelegensi umum dan  keterampilan individu dalam hal tertentu.
2.      L.L Thurstone(1887-1955) menyatakan dengan tegas bahwa inteligensi umum dari tujuh kemampuan yang dapat dibedakan dengan jelas yaitu:
a.       Untuk menjumlah, mengulangi , mengalihkan, dan membagi.
b.      Menulis dan berbicara dengan mudah
c.       Memahami dan mengerti makna kata yang di ucapkan
d.       Memperoleh pesan akan sesuatu
e.       Mampu memecahkan persoalan dan mengambil pelajaran dari pengalaman lampau
f.       Dengan dapat melihat dan mengerti hubungan benda dalam ruang
g.      Mengenali objek dengan tepat dan cepat
3.      William Stern mengungkapkan intelegensi adalah kesanggupan jiwa untuk dapat menyesuaikan diri dengan cepat dan tepat dalam situasi yang baru dengan menggunakan alat-alat berpikir yang sesuai dengan tujuannya.
4.      Menurut v. Heas intelegensi ialah sifat kecerdasan jiwa
5.      Menurut prof. Kohnstermm berpendapat bahwa intelegensi itu dapat dikembangkan, tetapi memenuhi syarat-syat tertentu dan hanya mengenaisegi kualitasnya saja. Syarat-syaratnya ialah :
a.       Bahwa pengembangan itu hanya sampai batas kemampuannya saja pengembangan tidak dapat melibihi batas itu dan setiap orang mempunyai batas-batas yang berlainan.
b.      Tebatas juga pada mutu inteligensi artinya seseorang tidak akan selesai mengerjakan sesuatu data mutu intelegensinya.
c.       Perkembangan inteligensi, bergantung pual pada cara berfikir yang metodis
6.      Menurut prof. Waterink menyatakan bahwa menurut penyelidikannya belum dapat di buktikan bahwa inteligensi dapat di perbaiki atau dilatih.


Refrensi :

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya; Srikandi.
Saleh,  Abdul Rahman & Muhbib Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta. Kencana.


0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters