Home » » Materi Antar Bintang

Materi Antar Bintang



Materi antar bintang dapat dibedakan ke dalam tiga golongan yaitu : nebula terang  
(bright nebulae), nebula gelap (dark nebulae), gas dan debu antar bintang.

1. Nebula terang (bright nebulae)

Nebula terang yang dikenal dengan nebula difusi berkaitan erat dengan  luminositas bintang. Bintang merupakan penyebab nebula menjadi terang. Gas  murni tidak dapat memantulkan cahaya karena komposisi atom masing-masing  gas terlalu kecil, sehingga para astronom mengansumsikan bahwa cahaya  dipantulkan oleh partikel kecil dari debu angkasa. Selain itu nebula menjadi  terang karena gas dalam nebula yang memiliki tekanan rendah  yang  memancarkan cahaya. Hal ini ditunjukkan  oleh spektogram nebula orion.

Pemantulan bintang terjadi jika nebula memiliki bintang yang jenis  spektrumnya di atas kelompok bintang B2. Nebula yang di dalamnya terdapat  kelompok bintang di atas B2 akan memantulkan lebih banyak cahaya sehingga spektrum nebulanya tidak sama seperti spektrum absorbsi bintang yang paling  terang tetapi merupakan spektrum kontinu yang redup dengan garis emisi yang  lebih terang berada di atasnya. 

2. Nebula gelap (dark nebulae)

Gas nebula yang tidak memantulkan cahaya dari bintang di  sekelilingnya dan tidak juga memancarkan cahayanya sendiri disebut nebula  gelap. Keberadaannya dapat ditemukan dengan keberadaan benda cerah yang  tersembunyi  di belakangnya. Nebula gelap tidak sepenuhnya menyembunyikan cahaya bintang di  belakangnya tetapi hanya menyebabkan bintang tersebut terlihat lebih redup  sehingga jumlah bintang memiliki magnitudo yang masih dapat  terlihat dalam wilayah yang tertutupi gas gelap masih dapat dihitung. Nebula gelap memiliki  komposisi yang terlihat hampir sama seperti material penyusun nebula terang.


3. Gas antar bintang

Kita dapat mengetahui suatu daerah tertutupi dengan efek yang  ditimbulkan ketika cahaya melewatinya. Terdapat dua kemungkinan yaitu bila  material terdiri dari partikel debu, cahaya mengalami sedikit pemerahan oleh  hamburan dan bila material terdiri dari gas menyebabkan garis absorpsi  spektrum bintang yang cahayanya menembus material tersebut meningkat.

Banyak kajian  yang menunjukkan keberadaan  gas dan debu antar  bintang dapat ditentukan dengan menganalisa adakah terjadi penurunan  intensitas spektrum bintang B. Massa jenis gas antar bintang sangat kecil  dibandingkan dengan nebula emisi. Hal ini menunjukkan bahwa dalam awan  gas antar bintang rata-rata terdapat 200 atom per inc3 atau 1,05 x 107atom per mtetapi ada juga awan yang di dalamnya hanya terdapat 1,05 x 106atom per m3 atau hanya sepersepuluhnya yang merupakan daerah vakum tinggi.  Komposisi gas antar bintang yang mengandung nebula difusi tidak tampak  berbeda jauh dari komposisi gas yang ditemukan di matahari


1 komentar:

Flag Country

free counters