Home » » Hubungan Jarak Bintang dan Kecerahannya.

Hubungan Jarak Bintang dan Kecerahannya.



Seperti yang kita ketahui, kecerahan bintang  tidak hanya bergantung kepada  luminositasnya tetapi juga bergantung kepada jaraknya terhadap matahari. Bintang  yang memiliki jarak 2 parsecs, kecerahannya 1/4 kali bintang yang berjarak 1 parsecs dari matahari. Kecerahan yang dimaksud disini adalah magnitudo semu (magnitdo  yang terlihat) oleh pengamat. Fenomena bintang tampak berkelip sangat dipengaruhi oleh magnitudo semunya. Semakin cerah suatu bintang maka semakin mudah kita dapat mengamatinya.  Persamaan hubungan kecerahan dengan jarak bintang adalah :

dengan B merupakan kecerahan bintang, L luminositasnya dan D adalah jarak bintang  terhadap matahari. Luminositas bintang sendiri adalah jumlah total energi yang  dipancarkan  setiap detik. Luminositas bintang sangat bergantung pada temperatur dan diameter bintang.

Menurut Planck, suatu benda hitam yang memiliki temperatur permukaan (T)  akan memancarkan energi dengan panjang gelombang antara  λ  d an  λ  +  d λ  d eng an  intensitas spesifik sebesar Bλ(T)dλ dengan :


Energi total yang dipancarkan benda hitam untuk setiap panjang gelombang atau frekuensi dapat ditentukan dengan mengintegrasikan Bλ(T) yaitu :



Dari intensitas spesifik B(T) dapat ditentukan jumlah energi yang dipancarkan  per cm2 oleh permukaan benda hitam per detik ke segala arah, yaitu:


Jika suatu benda berbentuk bola dengan jari-jari R dan temperatur T  memancarkan radiasi seperti benda hitam, energi yang dipancarkan benda tersebut ke  semua arah per detik adalah :



L adalah luminositas benda dan temperatur bintang yang ditentukan dari hukum  Stefan Boltzmann disebut temperatur efektif yaitu temperatur paling luar dari suatu  bintang. Jumlah energi yang diterima pengamat yang berjarak d dari benda hitam, bintang dianggap sebagai benda hitam karena bintang dengan temperatur 54.000 K  distribusi energinya hampir sama dengan benda hitam adalah :


E adalah fluks pancaran pada jarak d. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa  semakin jauh bintang dari pengamat maka energi yang diterima pengamat semakin  kecil dan bintang akan tampak lebih redup atau bahkan tidak dapat diamati dengan  mata telanjang.








0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters