Home » » Klasifikasi Galaksi Menurut Bentuknya

Klasifikasi Galaksi Menurut Bentuknya


Pada tahun 1926, Edwin Hubble membuat klasifikasi galaksi menurut  bentuknya, yaitu berbentuk spiral, elips, dan tidak beraturan.  

1. Galaksi Berbentuk Spiral 

Galaksi bentuk spiral merupakan bentuk umum galaksi yang dikenal manusia.  Oleh karena itu, bila kita mendengar kata galaksi, maka pikiran kita akan langsung  tertuju pada galaksi berbentuk spiral. Kira-kira 75% galaksi-galaksi yang terang  mempunyai bentuk spiral, seperti galaksi bimasakti dan galaksi andromeda. Galaksi  berbentuk spiral berotasi dengan kecepatan yang lebih besar dibandingkan galaksi  bentuk lainnya. Kecepatan berotasi galaksi inilah yang menyebabkan galaksi spiral  berbentuk pipih. Besar kecilnya kecepatan rotasi galaksi berantung pada massa  galaksi tersebut. Galaksi bentuk spiral mempunyai kecepatan berotasi yang berbedabeda. Semakin kearah pusat galaksi, kecepatan rotasinya semakin besar.  

2. Galaksi Berbentuk Elips 

Sesuai dengan namanya galaksi ini terlihat seperti elips, meskipun sebenarnya  manusia sulit untuk menentukan bentuk galaksi secara pasti. Galaksi bertipe elips  ada yang berbentuk bundar dan ada pula yang berbentuk bola pepat. Galaksi yang  berbentuk elips adalah galaksi yang terdapat pada rasi bintang virgo.  

3. Galaksi Tak Beraturan 

Galaksi bentuk ini adalah galaksi yang tidak simetri dan tidak mempunyai  bentuk khusus. Materi yang terkandung dalam galaksi jenis ini adalah gas dan debudebu. Galaksi yang tak beraturan bentuknya adalah galaksi awan Magellan besar dan  awan Magellan kecil yang merupakan galaksi terdekat dengan galaksi bima sakti


Sumber :http://pjjpgsd.dikti.go.id/file.php/1/repository/dikti/Mata%20Kuliah%20Awal/Pembelajaran%20IPA%20SD/BAC/Pendidikan%2BIPA_SD%2BUNIT%2B6_CoverBelakang.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters