Home » » Definisi Matahari

Definisi Matahari




Matahari merupakan salah satu bintang di antara milyaran bintang yang ada  di galaksi kita. Seperti bintang yang lainnya, Matahari merupakan bola gas panas  raksasa yang sangat terang. Hingga saat  ini, Matahari telah berusia sekitar 4,5  milyar tahun dan menjadi bintang paling dekat dengan Bumi. Jarak Matahari dengan 
Bumi lebih kurang 150 juta kilometer. Keberadaan Matahari itulah yang  menyebabkan kehidupan di muka Bumi dapat berlangsung. Iklim dan cuaca di  permukaan Bumi pun juga dipengaruhi oleh keberadaan Matahari.  Matahari memiliki diameter sekitar 1,4 juta kilometer dan berukuran  333.400 kali lebih besar daripada Bumi. Jika Tata Surya kita ditimbang maka 99,86  persennya adalah milik Matahari. Matahari memiliki gaya gravitasi dan tekanan yang  sangat besar.  

Permukaan Matahari memiliki suhu 6.000 °C sedangkan suhu inti Matahari  dapat mencapai 15.000.000 °C dengan tekanan sebesar 340 milyar kali tekanan  udara di atas permukaan laut Bumi. Karena tekanan yang sangat besar dan suhu yang  sangat tinggi pada Matahari itu sehingga  terjadi reaksi nuklir di inti Matahari.  Reaksi terjadi ketika atom-atom Hidrogen bergabung menjadi atom Helium. Setiap  detik, 700 juta ton Hidrogen diubah menjadi atom Helium. Reaksi ini menghasilkan  energi sehingga Matahari tetap bertahan, tidak runtuh, dan tetap dalam bentuk  gas. Energi yang dihasilkan di inti Matahari kemudian mengalir menuju permukaan dan dipancarkan dalam bentuk cahaya dan panas. Energi tersebut memerlukan waktu  satu juta tahun untuk sampai ke permukaan Matahari. Total energi yang  diradiasikan oleh Matahari sama dengan 383 milyar trilyun kilowatt, sama dengan  100 milyar ton bom atom yang meledak setiap detik.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters