Home » » SUMBER BELAJAR (LEARNING RESOURCES)

SUMBER BELAJAR (LEARNING RESOURCES)


SUMBER  BELAJAR

AECT (Association for Education and Communication Technology) menyatakan bahwa sumber belajar adalah semua sumber, baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu. Sumber belajar adalah bahan-bahan yang dimanfaatkan dan diperlukan dalam proses pembelajaran, berupa buku teks, media cetak, media elektronik, narasumber, lingkungan sekitar dan sebagainya. Sumber belajar berfungsi untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Optimalisasi hasil belajar ini dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar tetapi juga dilihat dari proses pembelajaran yang berupa interaksi siswa dengan berbagai sumber belajar yang dapat memberikan rangsangan untuk belajar dan mempercepat pemahaman serta penguasaan bidang ilmu yang dipelajari.

Rusman (2008) menyatakan bahwa untuk mengoptimalkan sumber belajar dalam memecahkan permasalahan pembelajaran, ada beberapa pertanyaan yang dapat dijadikan pedoman, yaitu apa masalah pembelajaran yang dihadapi? Bagaimana sumber belajar dapat membatunya? Bagaimana sumber belajar itu dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru? Berapa lama dipakai? Apa alat atau sarana yang diperlukan dalam penggunaannya? Bagaimana dapat ditentukan mutunya? Apakah sumber belajar dapat diganti? Bagaimana cara memperolehnya?

Secara umum sumber belajar memiliki fungsi sebagai berikut:
1. Meningkatkan produktivitas pembelajaran
2. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual
3. Memebrikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran
4. Lebih memantapkan pembelajaran
5. Memungkinkan belajar secara seketika
6. Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas dengan menyajikan informasi yang mampu menembus batas geografi.

Dengan demikian sumber belajar dapat dikategorikan sebagai berikut: tempat atau lingkungan alam sekitar, benda, orang, bahan, buku, peristiwa atau fakta yang sedang terjadi.
Sumber belajar akan bermakna bagi siswa atau guru apabila sumber belajar diorganisasi melalui rancangan yang memungkinkan seseorang dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar. Jika tidak maka tempat atau lingkungan alam sekitar, benda, orang, dan atau buku tidak berarti apa-apa.


Daftar pustaka:  Strategi Belajar Mengajar oleh Drs.Hamdani, M.A. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters