Home » » Kriteria Penggunaan Media Pendidikan

Kriteria Penggunaan Media Pendidikan


Penggunaan media dalam pendidikan memiliki dua sisi kemungkinan yang berbeda, yaitu positif dan negatif, bergantung bagaimana seseorang menilai, memanajemen, dan memanfaatkan media tersebut. Ketika suatu media digunakan dengan sudut pandang dan penilaian yang positif maka hasilnya pun akan mengimbangi dari presepsi penggunanya. 

Selanjutnya, pemilihan media pembelajaran haruslah mengedepankan pertimbangan kondisi dan latar belakang siswa baik pada aspek perkembangan dan kematangan. Jadi, dalam penentuan dan penggunaan media benar-benar sangat tepat, efektif dan efisien.

Agar pemilihan media pembelajaran tersebut tepat, maka perlu dipertimbangkan faktor dan langkah-langkah pemilihan media. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan oleh guru atau tenaga pendidik dalam  memilih media pembelajaran adalah:

1.    ketepatan media dengan tujuan pengajaran
2.    dukungan terhadap isi bahan pelajaran
3.    kemudahan memperoleh media
4.    keterampilan guru dalam menggunakan media
5.    ketersediaan waktu untuk menggunakannya
6.    media harus sesuai dengan taraf berfikir anak

Menurut Arief S. Sadiman, dalam bukunya “Media Pendidikan” menjelaskan bahwa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media adalah tujuan instruksional yang ingin dicapai, karakteristik siswa, jenis rangsangan belajar yang diinginkan, keadaan latar belakang dan lingkungan siswa, situasi kondisi setempat dan luas jangkauan yang ingin dilayani.

Seperti yang telah dikemukakan diatas, jelaslah bahwa media pendidikan merupakan dasar yang sangat diperlukan yang bersifat melangkapi dan merupakan bagian integral demi berhasilnya proses pendidikan dan usaha pengajaran disekolah. 

Keterampilan memilih dan menggunakan media pendidikan bagi guru tidak hanya cukup memiliki pengetahuan kemediaan saja, akan tetapi juga harus memiliki keterampilan memilih dan menggunakan media tersebut dengan baik. Untuk itu, ia perlu melakukan latihan-latihan praktik secara kontinu dan sistematis, baik dalam reservice maupun dalam pelatihan pasca jabatan inservice training.

Oleh karena itu, dalam memilih dan menggunakan media pendidikan harus sesuai dengan kriteria-kriteria tertentu, yakni:
1.    Tujuan mengajar
2.    Bahan pelajaran
3.    Metode mengajar
4.    Tersedianya alat yang dibutuhkan
5.    Jalan pelajaran
6.    Penialaian hasil belajar
7.    Pribadi guru
8.    Minat dan kemampuan siswa
9.    Situasi pengajaran yang sedang berlangsung

Dari sini dapat kita lihat bahwa antara media pendidikan dan faktor-faktor pegajaran lainnya, sangat erat pertaliannya serta merupakan satu jalianan yang berantai.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters