Home » , » Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar

Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar


Perpustakaan merupakan pusat sarana akademis. Perpustakaan menyediakan bahan-bahan pustaka berupa bahan cetakan seperti buku, majalah / jurnal ilmiah, peta, surat kabar, karya-karya tulis berupa monograf yang belum diterbitkan serta bahan-bahan non cetakan seperti micro-fish, micro-film, foto-foto, film, kaset audio / video, lagu-lagu dalam piringan hitam, rekaman pidato / dokumenter, dll.
Oleh karena itu, perpustakaan dapat dimanfaatkan oleh pelajar, mahaiswa dan masyarakat pada umumnya untuk memperoleh informasi dalam berbagai bidang keilmuan baik untuk tujuan akademis ataupun rekreasi.
Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar secara efektif memerlukan ketrampilan sebagai berikut:
1.       Ketrampilan mengumpulkan informasi, yang meliputi ketrampilan: a) mengenal sumber informasi dan pengetahuan, b) menentukan lokasi sumber informasi berdasarkan sistem klasifikasi perpustakaan, cara menggunakan katalog dan indeks, c) menggunakan bahan pustaka baru, bahan referensi seperit ensiklopedi, kamus, buku tahunan, dll.
2.      Ketrampilan mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi, seperti a) memilih informasi yang relevan dengan kebutuhan dan masalah, dan b) mendokumentasikan informasi dan sumbernya.
3.      Ketrampilan menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi, seperti a) memahami bahan yang dibaca, b) membedakan antara fakta dan opini, dan c) menginterpretasi informasi baik yang saling mendukung maupun berlawanan.
4.      Ketrampilan mengunakan informasi, seperti a) memanfaatkan intisari informasi untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah, b) menggunakan informasi dalam diskusi, dan c) menyajikan informasi dalam bentuk tulisan

SUMBER
Arief S. Sadiman dkk, Media Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters